Tips Untuk Pemula:Teknik Dasar Bermain Bola Voly

Tips Untuk Pemula:Teknik Dasar Bermain Bola Voly. Sebagai milenial, gaya hidup adalah yang terpenting saat ini, namun tidak semua gaya hidup berefek buruk bagi kesehatan, seperti gaya hidup sehat yang lebih mengutamakan kesehatan agar lebih bugar dalam menjalani hari-hari. Gaya hidup sehat beragam jenisnya bahkan mulai dari makanan hingga olahraga yang melatih sistem gerak tubuh agar lebih aktif.

Bagi mereka yang menyenangi olahraga yang menuntut tubuh untuk bergerak serta kesigapan tentu olahraga yang satu ini sangat cocok seperti bermain bola voly. Olahraga bola voly di temukan oleh William G morgan di Amerika Serikat saat bekerja di instruktur pendidikan jasmani (Director phsycal education) tepatnya pada 9 Februari 1895.

Bola voli adalah olahraga yang dimainkan dua grup yang berlawanan dengan masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Namun ada jenis olahraga voli yang hanya butuh dua pemain yaitu voli pantai.

Untuk olahraga voli biasanya dimainkan dengan 6 pemain aktif dan 4 pemain cadangan. Pemain cadangan ini selalu siap sedia apabila pemain aktif harus digantikan dengan alasan tertentu.

Untuk memulai pertandingan, salah satu pemain memukul bola terlebih dahulu dan harus melewati net. Jika gagal maka lawanlah yang akan mendapat poin. Apabila tim tersebut berhasil melewati net dan bola terjatuh di tempat tim lawan maka poin akan didapatkan untuk tim tersebut.

Bermain voli tentu saja tak sembarang, ada teknik dasar agar permainan menjadi terlihat profesional. Menguasai teknik dasar dalam bermain bola voli adalah modal untuk bisa menyerang, mempertahankan dan memenangkan permainan bola voli. Berikut teknik dasar bola voli : 

1. Servis

Servis adalah awal memulai bola voli, pemain memukul bola pertama kali. Servis bisa membangun serangan lawan. Ada dua jenis servis dalam bermain bola voli yaitu servis bawah dan servis atas.

Servis bawah adalah memukul bola dengan posisi tangan kiri memegang bola dan tangan kanan dengan posisi sejajar pinggang. Servis bawah sering di lakukan oleh pemain wanita dan pemain pemula karena dianggap paling mudah

Sedangkan servis atas adalah dengan melambungkan bola terlebih dahulu dan memukulnya hingga melewati net. Dengan pukulan seperti ini bola dapat menukik tajam dan membuat lawan kesulitan mempertahankan diri.

2. Passing

Passing adalah mengoper bola atau mengumpan bola kepada sesama pemain. Passing ada dua cara yaitu passing bawah dan pasing atas.

Passing atas yaitu dengan mempertahan bola dalam posisi telapak tangan saling memegang dan di sejajar perut untuk bisa memantulkan bola.

Passing atas adalah dengan mengoper bola dengan menggunakan jari jemari, biasanya dilakukan ketika akan membangun serangan dengan kawan satu tim melakukan smash.

3. Spike (smash)

Smash bagian paling menantang dalam bermain bola voli. Pukulan keras yang dilakukan dengan tujuan agar lawan tidak dapat menangkap bola dengan pukulan yang tajam dan menukik.

Dengan berdiri di salah satu kaki berada di depan dan di belakang. Posisi tangan di ayunkan dan posisi badan semakin menunduk, ketika bola berada di atas kepala, dengan melompat dan memukul bola dengan keras. Saat memukul bola dengan tangan terbuka dan lengan memanjang.

4. Block

Demi mempertahankan poin, block sangat pentinh dilakukan. Dengan posisi tangan di atas dan menghadap di depan net sehingga membuat bola tidak kembali ke tempat lawan.

Beberapa teknik dasar dalam bermain bola voli sangat penting di kuasai, selain menjadikan kita pemain profesional dapat juga menjaga kesehatan fisik dan mental.

Beberapa manfaat dalam bermain bola voli yaitu

1. Membantu membakar kalori dan lemak

2. Mempecepat metabolisme tubuh

3. Memperbaiki mood

4. Memperbaiki kecepatan dan keseimbangan

5. Membentuk otot dan skill.

Setelah mengetahui teknik dasar dan manfaat dalam bermain bola voli, tentu akan menjadi olahraga pilihan bersama keluarga dan teman-teman. Terus bergerak dan terus menjaga daya tahan tubuh. Karena pada jiwa yang sehat terdapat pikiran yang sehat pula.

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *