Tips Mencuci Pakaian Bayi yang Baru dibeli agar Bayi Terhindar dari Masalah Kulit

Tips Mencuci Pakaian Bayi yang Baru dibeliSebagai Ibu baru tentu tidak dipungkiri betapa khawatinya terhadap kesehatan si kecil. Bahkan setiap hal tentang si kecil menjadi perhatian khusus. Si kecil menangis si Ibu mulai gelisah dan bingung. Belajar dan terus belajar agar bisa memahami bayi menjadi rutinitas sebagai Ibu baru. Belajar bisa darimana saja mulai dari sosial media, buku hingga mengikuti webinar-webinar pendukung dalam pengasuhan dan perawatan bayi.

Disaat lebaran, bayipun tak kalah eksis seperti orang dewasa. Sudah tentu Ibu menyiapkan pakaian baru untuk si kecil. Semakin lucu baju semakin ingin dipakaikan ke si kecil. Rasanya ingin beli seluruh isi toko buat si kecil saking kalap melihat kelucuan pakaian bayi. Namun adalah hal penting yang terkadang terlupakan oleh Ibu. Tanpa sengaja memakaikan pakaian baru bayi yang baru beli ke tubuh bayi yang sebenarnya beresiko terhadap kulit bayi.

Mencuci baju bayi yang baru dibeli adalah cara untuk melindungi bayi dari  debu atau partikel lain yang dapat menyebabkan iritasi kulit yang masih sensitif. Mencuci pakaian bayi bukanlah hal sulit namun sebagai orang tua perlu belajar karena untuk pakaian bayi baru lahir harus khusus sesuai dengan kekebalan tubuh bayi. Bayi berumur 0-6 bulan dengan kulit bayi yang lebih sensitif maka dalam mencuci pakaian bayi harus dipisah dari baju orang dewasa dan menggunakan deterjen khusus bayi yang tetap dapat menjaga kesehatan kulit bayi. Dan untuk bayi diatas 6 bulan boleh menggunakan deterjen seperti Rinso dan Molto sebagai pewangi dan pelembut. Teliti dalam membaca label cuci baju bayi agar dapat merawat baju bayi serta tidak mengiritasi kulit bayi.

Tips Merawat Kulit Bayi.

Merawat kulit bayi

Pelindung alami kulit pada kulit bayi yang baru lahir sangatlah sedikit dan tentunya berbeda dengan kulit orang dewasa. Perubahan temperatur cuaca dan ruangan menjadi satu diantara penyebab kulit bayi menjadi sensitif. Namun tidak dipungkiri ada banyak penyebab lain yang bisa terjadi pada kulit bayi baru lahir. Mencuci pakaian baru bayi baru lahir adalah sebuah keharusan hal ini dapat menghilangkan debu serta bahan kimia dari produksi dan kotoran organik setelah dikenakan.

Berikut cara merawat pakaian bayi yang baru lahir.

1. Cuci semua pakaian serta barang bayi baru beli yang bersifat kain, seperti seprai, selimut, kain gendong dan sarung bantal.

2. Mencuci pakaian bayi baru lahir hingga usia 6 bulan secara terpisah. Hal ini  untuk menghindari terkontaminasinya kotoran yang berasal dari pakain orang dewasa.

3. Memilih Produk khusus kulit sensitif dan cocok untuk bayi guna menghindari alergi pada bayi.

4. Membersihkan noda yang ada di baju bayi

5. Merendam pakaian yang terkena noda di air dingin sebelum membersihkan kotoran yang ada di baju bayi.

Hal yang terpenting dalam merawat kulit bayi adalah kebersihan lingkungan. Imunitas tubuh yang belum sempurna sehingga beresiko alergi jika kebersihan lingkungannya tidak di rawat dengan baik.

Si Mungil tentu saja tak bisa memili pakaiannya sendiri, dia butuh Ibu untuk selalu meyakinkan bahwa Ia terlindungi. Melindunginya adalah bentuk cinta kepada buah hati tersayang. Menjaganya adalah kebahagian. Meski lelah, energi tak akan pernah habis demi si bayi kecil. Memastikannya tetap sehat terjaga dari iritasi sudah menjadi keharusan. Tentu saja tak ingin si bayi terkena alergi yang menyebabkan bayi menjadi rewel. Selektif dan protektif adalah hal wajib yang di miliki oleh Ibu, untuk bayi sehat dan ceria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top