Suka Makan Buah Alpukat? Inilah 5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan

Suka Makan Buah Alpukat? Inilah 5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan.
Alpukat menjadi salah satu jenis buah-buahan yang paling populer di dunia, begitu pun dengan Indonesia. Buah yang satu ini biasanya dikonsumsi dengan berbagai olahan, mulai dari dibuat jus, sirup, es campur, atau dimakan langsung.

Bukan hanya itu, harga alpukat juga relative murah dan mudah untuk kita jumpai dipasaran, baik di pasar online maupun pasar offline.
Di samping rasanya yang lezat, buah alpukat juga kaya akan kandungan nutrisi yang tentunya bagus untuk kesehatan tubuh. Nah, secara kebetulan pada kesempatan kali ini akan membahas tentang 5 manfaat dari mengonsumsi buah alpukat.

unsplash.com

Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.
5 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh
1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Mata


Berdasarkan dari beberapa hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa buah alpukat memiliki kandungan lutein dan zeaksantin. Kedua zat tersebut berperan penting dalam meminimalisir kerusakan pada mata, terlebih dari paparan sinar UV.
Tak Cuma itu, terdapat juga kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat yang berfungsi untuk mendukung penyerapan antioksidan seperti beta karoten.
Dengan buah alpukat secara rutin dan teratur, tentu saja dapat mengurangi risiko gangguan penglihatan yang disebabkan oleh faktor penuaan.
2. Kaya Akan Kandungan Nutrisi


Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa buah alpukat kaya akan kandungan nutrisi. Ya, setidaknya ada sekitar 20 vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, sehingga buah alpukat dianggap sebagai “superfood“.
Pada 40 gram buah alpukat terkandung 64 kalori, 6 gram leak, 3,4 gram karbohidrat, gula kurang dari 1 gram, dan 3 gram serat. Adapun mengenai salah satu manfaat buah alpukat yang menjadi sumber vitamin C, E, K, dan B-6, niasin, riboflavin, asam folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium.
Terlebih untuk kandungan vitamin B-6, niasin, riboflavin, asam folat, dan asam pantotenat, yang berperan dalam membantu tubuh untuk merubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi.
Bukan hanya itu, bahkan kandungan niasin sudah terbukti efektif untuk melawan peradangan dalam tubuh serta melindungi pembuluh darah arteri, dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida.
3. Dapat Memelihara Kesehatan Jantung


Perlu kalian ketahui, buah alpukat ini memiliki kandungan beta-sitosterol yang struktur kimianya sangat mirip dengan kolesterol. Meski terdapat kemiripan, namun fungsi pada keduanya berbeda lho. Pasalnya, kandungan beta-sitosterol berguna untuk membantu tubuh dalam memelihara kadar kolesterol sehat.
Dengan demikian, maka kesehatan jantung juga akan ikut terpelihara.
4. Mampu Mencegah Osteoporosis


Osteoporosis atau masalah keropos tulang itu biasanya disebabkan oleh faktor penuaan, akibat tingkat kepadatan tulang sudah mulai menurun. Agar terhindar dari masalah tersebut, maka kamu wajib mengonsumsi buah alpukat.
Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat buah alpukat memiliki kandungan vitamin D dan vitamin K yang berperan penting dalam menjaga tingkat kepadatan tulang.
5. Dapat Menjaga Irama Jantung
Selain mampu mencegah masalah osteoporosis, ternyata manfaat dari mengonsumsi buah alpukat juga dapat menjaga irama jantung lho. Mengapa demikian? Ya, hal itu dikarenakan tingginya kandungan kalium pada buah alpukat.
Menurut pakar gizi, yang menyebutkan bahwa kandungan kalium pada buah alpukat lebih tinggi ketimbang buah pisang.
Nah, itulah 5 manfaat yang akan kamu dapatkan dari mengonsumsi buah alpukat. Sedari itu, mulai saat ini kamu harus mengonsumsinya secara rutin dan teratur.

One thought on “Suka Makan Buah Alpukat? Inilah 5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top