5 cara berikut menurunkan asam urat tanpa menggunakan obat.

5 cara berikut menurunkan asam urat tanpa menggunakan obat. Penyakit asam urat kadang dianggap sepele dan baru menjadi perhatian setelah berdampak buruk bagi tubuh, namun jika dibiarkan akibatnya akan menjadi komplikasi yang lebih serius bahkan bisa mematikan.

Saat menderita sakit asam urat, ciri-ciri yang paling pertama muncul adalah nyeri atau merasa tidak nyaman di persendian dan nyeri tersebut dapat timbul di pergelangan kaki, lutut, siku, jari tangan.

Nyeri yang dirasakan berasal dari munculnya kristal urat di sendiri akibat kondisi kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah. Dengan pengobatan asam urat yaitu dengan meredakan atau menurunkan kadar asam urat dalam darah dapat dilakukan tanpa menggunakan obat.

Berikut cara menurunkan asam urat tanpa menggunakan obat.

Memilih Makanan Rendah Purin bagi Penderita Asam Urat

asam urat

Jika terlalu sering mengonsumsi makanan yang tinggi kadar purinnya, sangat beresiko terkena asam urat. Karena kadar asam urat yang terlalu tinggi dapat terjadi secara tiba-tiba dan akibat dari akumulasi makanan yang dikonsumsi.

Makanan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan (hati, ginjal, otak dan organ lainnya), dagingĀ  sapi, daging domba, ikan teri dan Kuah daging yang lebih kental.

Untuk meredakan gejala asam urat yaitu dengan mengurangi mengonsumsi makanan tinggi purin dan mengganti dengan makanan rendah purin atau konsumsi makanan penurun asam urat seperti tomat, sayuran hijau, telur, keju dan roti.

Perbanyak Minum Air Putih

Sudah tidak dipungkiri lagi, mengonsumsi air putih juga dapat membantu meredakan gejala asam urat. Purin yang mengendap di dalam tubuh dapat menyebabkan asam urat, namun jika purin keluar bersamaan dengan urine maka gejala penyakit asam urat dapat dihindari. Untuk itu, minum air putih yang cukup sesuai kebutuhan tubuh dapat meredakan gejala asam urat.

Hindari Alkohol dan Makanan Manis

Alkohol sangat tidak baik untuk tubuh bahkan jika dikonsumsi secara berlebihkan akan memberikan efek buruk bagi tubuh dan dapat memicu asam urat. Begitupun minuman manis juga tidak baik untuk penderita asam urat, hal ini karena minuman manis atau minuman yang mengandung fruktosa. Minuman manis tidak mengandunhg purin namun kandungan fruktosa di dalam tubuh bisa dipecah dan menghasilkan purin. Minuman soda juga memiliki kadar gula yang tinggi, tentu saja juga dapat memicu asam urat.

Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan sangat berpengaruh dengan kesehatan, bahkan berat badan berlebih dapat memicu penyakit kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, jantung hingga stroke. Maka dari itu menjaga berat badan untuk tetap ideal adalah keharusan. Kelebihan berat badan beresiko terkena asam urat bahkan tanpa disadari, Hal ini karena tubuh lebih banyak menghasilkan asam urat dan ginjal lebih sulit memproses asam urat.

Menjalani poa hidup sehat dan menjaga berat badan adalah solusi agar dapat terhindar dari penyakit asam urat.

Mengonsumsi Makanan berserat Tinggi

Mengosumsi serat sangat penting bagi tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh. Kebutuhan serat yang dianjurkan untuk penderita asam urat adalah 20-30 gram per hari.

Dengan serat yang cukup dapat mempermudah pembuangan proses pembuangan zat sisa dari dalam tubuh yang bisa berubah menjadi toxic.

Untuk menurunkan kadar asam urat dari dalam tubuh tanpa menggunakan obat membutuhkan komitmen, konsisten dan kesabaran dalam menjaga sendi agar tetap sehat dan kadar asam urat dalam darah menurun.

Menjalankan pola hidup sehat untuk menjaga sendi dengan berolahraga dan minum anlene gold plus setiap hari yang tidak hanya akan membantu menjaga tulang, otot dan sendi tetap sehat tetapi juga akan membantu cara-cara diatas melalui kandungan 3000 mg serat pangan untuk menurunkan kolesterol, 525 mg kalium untuk menjaga tekanan darah, serta tanpa tambahan gula untuk menjaga kadar gula darah.

Minum Anlene Gold Plus dua kali sehari, agar nutrisi penting untuk tulang, otot dan sendi selalu terpenuhi untuk mendukung gaya hidup sehat dan terhindar dari asam urat.

6 thoughts on “5 cara berikut menurunkan asam urat tanpa menggunakan obat.

  1. Kebetulan saja, adik saya sedang mengidapnya, saya akan share informasi ini. Sebenarnya tak terlalu sulit ya dengan 5 cara yang tercantum di sini. Layak dicoba! Terima kasih, kak!.

  2. Jadi inget temen saya, padahal masih muda tapi udah kena asum urat ini. Soalnya kan stereotipnya kalau ini penyakit orang tua.

    Konsumsi air putih itu emang penting, saya paling sering ngasih nasihat ini dan kalau ada yg konsul soal penyakit, yg pertama saya tanya, “pasti jarang air putih, ya?” Meski seringnya dianggap sepele.

  3. jarang minum air putih itu penyakitnya merembet kemana-kemana, selain asam urat penyakit lainnya juga timbul karena disebabkan jarang minum air putih. maka dari itu jika ingin sehat, saya membiasakan diri minum air putih agar gak cepat asam urat.. ngeri kalau muda-muda udah asam urat huhuhu

    1. hahaha pengalaman pribadi kah Kak? Tapi emang bener sih kurang air putih bisa bikin badan kurang enak. Dan kalau nyeri persendian gara-gara asam urat perlu diwaspadai juga nih..

  4. Bookmarked! Bapak saya perlu banget baca artikel ini. Makasihhh kak Vini sharingnya sangat bermanfaat. Jeroan ternyata ga terlalu baik ya karena tinggi Purin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top