Sembuh dari radang payudara dalam sehari

Sembuh dari radang payudara dalam sehari. Kita sepakat, bahwa tidak ada yang lebih baik selain ASI, sehingga banyak ibu yang berjuang untuk memberikan ASI kepada bayinya. Begitupun saya yang berusaha konsisten untuk tetap menyusui bayi karena mengerti manfaat dan efek yang di timbulkan pada menyusui baik pada bayi maupun ibu.

Namun apa jadinya jika ternyata dalam menyusui tidak semulus yang dipikirkan. Menyusui adalah naluri natural ibu dalam berinteraksi dengan si kecil, sehingga dalam prosesnya terkadang ibu menemui beberapa masalah seperti mastitis. Masih sedikit orang yang memahami istilah mastitis, begitupun saat saya pertama kali terserah gejala mastitis. Semua ibu sepakat bahwa rasa sakit yang ditimbulkan pada mastitis adalah rasa sakit yang sulit ditahan bahkan bisa membuat ibu menangis hingga demam dan jika pada tahap yang lebih parah ibu bisa sampai di operasi akibat dari mastitis.

Apa itu mastitis?
Mastitis adalah radang kelenjar susu atau lebih dikenal radang payudara yang kemungkinan penyebabnya adalah saluran susu yang terhalang, atau bakteri masuk ke payudara. Kondisi ini biasanya terjadi pada masa tiga bulan pertama menyusui. Namun tidak dipungkiri selama menyusui bisa terjadi mastitis dengan beberapa penyebab seperti

1. Gangguan atau kelainan yang menyebabkan bayi tidak mampu menyedot ASI dengan baik.
2. Pengeluaran ASI tidak dilakukan secara teratur.
3. Hanya menggunakan satu payudara untuk menyusui.

Namun bukan hanya itu mastitis juga bisa terjadi jika
1. Terlalu lelah atau stres.
2. Kurangnya asupan nutrisi.
3. Merokok.
4. Pernah mengalami infeksi payudara sebelumnya.
5. Menggunakan bra yang terlalu ketat.

Usut punya usut, ternyata mastitis tidak hanya terjadi pada ibu menyusui, namun bisa terjadi pada ibu yang tidak menyusui seperti disebabkan
1. Cedera pada payudara.
2. Sistem kekebalan tubuh rendah, termasuk wanita yang pernah menjalani pengobatan tumor dengan radioterapi.
3. Gangguan kesehatan, seperti diabetes.
4. Tindikan pada payudara

(Baca juga: Kenali gejala diabetes, berikut tanda Anda mengidap diabetes)

Pengalaman saya saat pertama terserang radang payudara atau mastitis mungkin terasa nyeri sedikit yang tidak terlalu menganggu aktifitas, namun seiring waktu benjolan pada payudara semakin membesar bahkan hingga menjadi semakin terasa nyerinya. Tentu saja aktifitas terganggu karena tingkat nyeri semakin meningkat hingga tak bisa dipegang. Untuk menghindari agar tidak demam saya meminum paracetamol.
Berbagai cara dilakukan seperti mengompres air hangat untuk menghilangkan benjolan kelenjar susu yang tersumbat, mengompres air dingin untuk menghilangkan nyeri dan pijat laktasi.


Sebagian pada tingkat yang lebih parah radang payudara ini bisa menyebabkan infeksi yang membuat payudara mengeluarkan nanah. Tentu saja semakin menyakitkan bahkan ada beberapa ibu memilih untuk mengoperasi payudaranya.

Namun yang saya lakukan adalah merelaksasi tubuh saya dengan pijat mulai dari payudara hingga seluruh tubuh karena semakin ibu stres semakin radang tersebut semakin bahkan sangat menyakitkan.Namun jika ibu merasakan nyeri tidak tertahankan jangan sungkan untuk menangis karena manfaat menangis adalah mengurangi stres yang bisa membantu efek mastitis agar tidak semakin buruk.
Bersyukurnya tukang pijat yang saya pilih memberikan cara menghilangkan mastitis secara tradisional yaitu menggunakan kunyit, jeruk nipis dan daun ketole. Ketiga bahan tersebut di tumbuk menjadi satu dan di balurkan pada payudara.
Sayapun menggunakan saran tersebut, rasa nyeripun berkurang namun saya tidak sabar untuk sembuh dan benjolan yang nyeri tersebut hilang.
Karena penasarannya, saya mencari referensi di gogle terkait “cara mengobati mastitis secara alami”. Maklum saya sedikit agak berpikir tradisional bahkan segala hal berkaitan dengan kesehatan menggunakan perawatan alami dari alam, karena saya percaya bahwa apa yang telah Allah siapkan di muka bumi ini adalah obat terbaik.
Dari hasil rasa ingin tahu tersebut, saya mendapatkan kunyit sebagai obat mastitis secara alami. Akhirnya saya minum jamu kunyit dengan campuran jamu jahe. Qadarullah setelah minum jamu asi menetes dengan lancarnya hingga membuat baju menjadi basah, mandi dengan air hangat bahkan tanpa sadar nyeri dan benjolan di payudara yang seperti membatu hilang tanpa berjejak.

Saking penasaran saya, ternyata kunyit bahan dapur umum dan bisa ditemukan di setiap rumah tangga. Kandungan curcumin yang ada di dalam kunyit dipercaya bisa menyembuhkan mastitis. Sebuah studi pun dilakukan untuk mengetahui efek curcumin pada ibu menyusui.

Kunyit

Selain itu jahe memiliki sifat antibiotik alami yang membantu mengatasi masalah mastitis. Jahe dapat membantu melindungi payudara dari bakteri yang menyebabkan infeksi. Makanlah 2 potong jahe setiap hari, ini akan membuat Anda terhindar dari infeksi payudara lebih awal.

Jahe

Sehingga kombinasi keduanya menjadi sangat membantu menyembuhkan mastitis dalam waktu yang cepat. Karena setelah mencari referensi bahkan sharing dengan teman-teman pejuang ASI, mastitis bisa terjadi berhari-hari dan tentu saja sangat menyakitkan.

MasyaAllah tabarakallah.
Semua obat telah Allah siapkan di bumi ini untuk di manfaatkan sebagai obat tradisional.

Semoga bermanfaat dan kita dapat membantu ibu-ibu yang terserang mastitis bisa cepat sembuh karena mastitis bisa menjadi kendala ibu menyusui hingga memilih untuk berhenti menyusui dan mengganti sufor.
Semoga tetap terus berjuang pejuang ASI dimanapun berada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top