MB Communication dan Pontianak Creative menggelar Blogging Education di Pontianak

MB Communication dan Pontianak Creative menggelar Blogging Education di Pontianak. Memasuki era digital, blogging menjadi hal yang menarik bagi penulis-penulis dalam mempromosikan tulisannya. Beberapa jeblosan dari dunia blogging seperti Raditya dika, Bernard Batubara dan masih banyak lagi blogger lainnya yang memiliki keberuntungan dalam menuliskan hasil karyanya hingga dikenal banyak orang. Tentunya hasil karya merekapun mampu bersaing dan menjadi sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar.

Bermula dari hobi menulis, menempatkan diri pada passion yang ditekuni hingga akhirnya fokus pada niche yang dipilih. Berkaca pada fenomena ini MB Communication bekerjasama dengan Pontianak Creative menggelar Blogging Education di Pontianak. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis dan menemukan niche blog para blogger. Dengan menghadirkan Dodon Jery yang basic-nya adalah sebagai penyiar radio namun fokus di blogging yang memilih niche sebagai travel dan food blogger, Dian Savitri Ravi dari MB Communication Network dengan sharing terkait tips dan trik menulis menjadi blogger profesional dan Qbenk yang merupakan SEO MAKER yang kemampuannnya SEO nya tidak diragukan lagi. Di hadiri oleh Komunitas Blogger Pontianak dengan tema Menulis Nan mengalir ala blogger, membuat peserta acara ini menjadi sangat antosias dalam mendengarkan step by step acara. Blogging Education kali ini disponsori oleh ESQIU Rental Mobil Pontiana dan Honda Kalbar sebagai fatner penyelenggara.

Dipandu oleh Bunda Elyza Arief, Seorang Ibu dari 2 anak yang fokus menulis dan seorang chef keluarga yang tak segan berbagi resep masakannya di blog beliau. Acara semakin seru dan peserta kopi daratpun menikmati suasana acara sesekali suara  tawa dan tepuk tangan memenuhi ruangan dimana Blogging Education diadakan.

Bunda Elyza Arief memandu Kopi Darat Blogging Education

Tibalah saat Dodon Jery sharing tentang proses bertumbuhnya beliau menjadi seorang blogger profesional hingga mendapat kesempatan untuk bisa berkunjung beberapa negara. Proses yang tidak mudah dan fokus terhadap tujuan menjadikan Dodon Jery memiliki kualitas blogging dan jaringan yang sangat luas. Proses tak pernah menipu hasil yang didapat, apa yang dituai itulah yang akan dipanen. Peserta kopi daratpun semakin antosias, berharap ada proses yang dapat diadopsi dari Dodon Jery dalam pencapaian menjadi seorang blogger profesional. Belajar banyak dari Beliau, meski telah memiliki prestasi, dan menulis buku serta mendapatkan beberapa prestasi, namun Beliau tetap rendah hati dan senang berbagi job untuk teman-teman sesama blogger.

Dodon Jery menyampaikan sharing kepada peserta kopdar Blogging education. (Doc. Teguh Hariyadi)

Sebelum Ishoma, peserta diajak untuk tetap waspada dalam berkendara. Pak Dony selaku perwakilan dari Honda menyampaikan materi” Safety Riding” . Sebagai blogger tentu saja butuh inspirasi dalam menulis materi yang akan diposting, maka dari itu blogger tentu saja memiliki banyak waktu diluar rumah dan menggunakan kendaraan untuk menuju ketempat tujuan dalam mencari berita dan inspirasi menulis. Hal ini menggugah kepedulian Honda untuk selalu mengingatkan para blogger agar tak lupa menjaga keamanan dalam berkendaraan dengan taglina #CariAman mengingatkan blogger untuk tetap melengkapi atribut keamanan dalam berkendara seperti menggunakan Helm ber- SNI dan Jaket. Serta keamanan lainnya seperti motor dilengkapi dengan kaca spion kanan dan kiri. Tujuannya tidak lain adalah menjaga keselamatan dan keamanan dalam berkendaraan.

Ditengah sesi Pak Dony mengajak kami menonton video terkait Safety Riding, diperankan oleh seorang wanita dan pria dengan menggunakan bahasa melayu. Membuat peserta tertawa dan tentu saja himbauan melalui video ini membuat lebih mudah diingat dan dipahami maksud dari himbauan keselamatan dalam berkendara. Dan tak lupa untuk memecah suasana keceriaan saat materi ” Safety Riding, Pak Dony mengajak peserta untuk bermain Kahoot, lagi-lagi tawa semakin riuh tatkala berlomba kecepatan jari dan kejelian mata dalam menjawab 10 pertanyaan. Akhirnya didapatlah 3 orang pemenang game Kahoot yang paling cepat dalam menjawab soal-soal. Selamat kepada para pemenang dan mendapat hadiah dari Astra Motor Honda.

Setelah Ishoma, Ero dan Akhmad Rizaldi menceritakan sejarah awal berdirinya Komunitas Blogger Pontianak, tujuan awal berdiri dan harapan pelopor berdirinya komunitas ini. Komunitas Blogger Pontianak adalah wadah bagi para blogger untuk belajar dan saling sharing dalam menulis serta menemukan passion blogging masing-masing. Berawal dari kebingungan dalam mengikuti lomba blog akhirnya atas inisiatif mereka berdua hadirlah komunitas blogger yang saat ini lebih dikenal dengan “Buda’ Blogger”. Buda’ adalah sebuah kata dari bahasa melayu yang artinya orang-orang atau anak-anak.” ngblog itu passion, hobi, mendapatkan uang dari ngblog adalah bonusnya, jadi tujuan ngblog itu jangan karena uang tapi karena itu passion kita”. Kurang lebih begitulah saat Ero menyampaikan tujuan awal untuk setiap blogger pemula dalam memulai ngblog.

Sebuah komunitas tentulah terbentuklah sebuah struktur kepengurusan, nah kali ini dalam MB Communcation dan Pontianak Creative berkesempatan untuk bertemu dengan Pengurus-pengurus dari Komunitas Blogger Pontianak. Setiap kita bertumbuh dan bergenerasi dan saat ini tibalah saatnya tonggak kepengurusanpun berpindah tanggungjawabnya. Setiap masa silih berganti namun meski pengurus-pengurus lama telah habis masa baktinya, kontribusi tetap akan selalu mengalir dari mereka guna kemajuan Komunitas Blogger Pontianak. Harapan pengurus lama dan pengurus baru tetap sama, sama-sama ingin memajukan Komunitas Blogger Pontianak agar eksistensinya tetap akan berkibar hingga terus bergenerasi selanjutnya. 

Tak lupa yang sangat ditunggu-tunggu, sharing dari Dian Savitri Ravi, Blogger asal Jakarta yang datang jauh-jauh ke Pontianak untuk bersilahturahmi dengan Komunitas Blogger Pontianak, Menjadi Blogger Profesional serta yang tak kalah menarik dan sangat-sangat ditunggu peserta Kopdar Blogging education adala tips dan trik Beliau menang berbagai lomba blog. Seorang blogger sangat gemar menantang kemampuan menulis dan untuk membuktikannya dengan mengikuti lomba-lomba blog.  Suasana ruangan semakin semarak saat sesi Q & A. Dian Ravi dengan senang hati bahkan sesekali ada tawa di wajahnya saat menjawab setiap pertanyaan dari peserta. Ada satu kata yang cukup membuat kami tergugah “Seperti kita menulis buku dan buku itu  terpanjang di toko buku, pastinya kita ingin buku kita berada di rak paling depan, nah gimana caranya supaya buku kita ada rak paling depan”. Tentu saja kalimat ini membuat mampu memotivasi peserta Kopdar blogging education.

Sesi selanjutnya di lanjutkan oleh Master Seo Pontianak, Bang Qbenk. Kemampuannya dalam dunia blogging tentu saja tidak diragukan lagi bahkan dalam SEO Indonesiapun beliau cukup dikenal dan punya nama tersendiri. Kali ini Blogger Pontianak cukup beruntung, beliau berbagi cara menulis SEO yang baik dan dapat berada dihalaman pertama gogle. Sejenak kami hikmat mendengarkan dan berusaha memahami setiap ilmu SEO yang disampaikan beliau, berharap setelah pulang dari kopdar bisa mempraktikannya. 

Kebersamaan adalah yang selalu mampu berdampingan dalam mencapai tujuan. Kebersamaanlah yang mempu membuat kita berkembang dan menjadi sesuatu yang berharga. MB Communication, Pontianak Creative, 4seo, Dare Blogger dan Komunitas Blogger Pontianak. Hanya sebuah nama , namun lebih dari itu melalui Kopi darat Blogging Education ini menyadarkan kami bahwa kami punya tujuan sama, yaitu memiliki kemampuan menulis yang lebih berkualitas dan sesuai passion hingga kami mampu ” Menulis Nan Mengalir”.

Mari menulis Mari mengukir kenangan mari meninggalkan jejak.

Terima kasih para expert yang telah sedia berbagi ilmunya dan sharing bermanfaatnya. Terima kasih kebersamaannya tetap selalu #CariAman dan Salam Satu Hati #HondaKalbar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top