Kenali Gejalanya, Berikut Tanda Anda Mengidap Diabetes

Kenali Gejala Diabetes, Berikut Tanda Anda Mengidap Diabetes. Gaya hidup di masa saat ini menjadi sorotan, kenapa tidak? Pola hidup modern yang membuat banyak perubahan, bahkan jika dibandingkan dengan dulu, Makanan siap saji masih tidak terlalu diminati. Dahulu orang tua lebih mengutamakan untuk memasak dirumah.
Namun seiring waktu. Kemudahan dan kepraktisan menjadi pilihan. Hal ini menjadi alasan makanan siap saji menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan harian. Selain itu makanan-makan kekinianpun menjadi trend kuliner saat ini.
Namun siapa sangka, makanan siap saji juga dapat berefek pada tubuh akibat kadar gula yang tinggi. Dahulu kita mengenal diabetes adalah penyakit keturunan, namun seiring waktu diabetes juga disebabkan dari pola makan.

Apa itu diabetes?

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Kadar gula darah yang tidak terserap dengan baik dapat menimbulkan penyakit dan jika tidak dikontrol dengan baik dapat menimbulkan bahaya bagi penderitanya. Diabetes terbagi dua tipe yaitu diabetes ti[pe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 dikenal juga dengan diabetes autoimun. Dugaan pemicunya adalah disebabkan faktor genetik dari penderita yang dipengaruhi juga oleh lingkungan, diabetes tipe 2 yang paling sering disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadikurang sensitif terhadap insulin. Sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik.

Diabetes tipe 1 berkembang dengan cepat namun diabetes tipe 2 kadang tidak disadari telah mengidap diabetes selama bertahun-tahun, karean gejala sering tidak terlihat . Rutin mengontrol gula darah adalah tindakan pencegahan sebelum mengidap diabetes.

Sebelum membahas lebih jauh tanda mengidap diabetas berikut apa penyebab diabetes pada masyarakat modern seperti: Mengkonsumsi Makanan dengan Kadar Gula Tinggi, Jarang Melakukan Aktivitas Fisik, Sering Kurang Tidur, Stress Berlebih

Tanda Anda mengidap diabetes dengan beberapa ciri-ciri diabetes tipe 1 dan tipe 2 :

Sering merasa haus

Source: gogle.com

 

Sering merasa haus adalah satu diantara mengidap diabetes yang paling pertama. pengidap diabetes akan merasa mudah haus sehingga lebih sering minum, hal ini disebabkan terganggunya insulin dalam tubuh. Rasa haus ini tanda bahwa tubuh sedang mengelolah gula darah yang tinggi.

Sering buang air kecil, terutama di malam hari.

gogle.com

Sering merasa ingin buang air kecil di malam hari sehingga membuat tidur menjadi terganggu juga merupakan gejala dari pengidap diabetes. Ketika kadar gula darah dalam darah terlalu tinggi tubuh akan mengeluarkannya dalam bentuk urine. Itulah sebabnya pengidap diabetes menjadi lebih sering buang air kecil daripada yang tidak mengidap diabetes.

Sering merasa sangat lapar.

  1. Source: gogle.com

Gejala berikut yang paling sering diabaikan, merasa sangat lapar dan bahkan lebih sering lapar meskipun sudah makan secara teratur . Hal ini disebabkan karena makanan yang dimakan sulit diubah menjadi energi akibat kekurangan hormon insulin.

  1. Terdapat keton dalam urine. Keton adalah produk sisa dari pemecahan otot dan lemak akibat tubuh tidak dapat menggunakan gula sebagai sumber energi.
  2. Lemas.
  3. Source: gogle.com

Pengidap diabetes lebih cepat merasa lelah akibat tidak memperoleh energi yang cukup dari makanan. Hal ini disebabkan makanan yang dimakan sulit diubah menjadi energi akibat kekurangan hormon insulin.

Pandangan kabur

Source: gogle.com

Kadar gula yang tinggi dapat menggangu organ tubuh lainnya seperti kemampuan penglihatan yang berkurang efek dari lensa mata yang membengkak akibat menumpuknya protein. JIka mata Anda kesulitan melihat disertai tanda-tanda gelaja diabetes, maka periksakan diri Anda ke dokter.

Luka yang sulit sembuh

Source : gogle.com

 

Tingginya kadar gula dalam darah dapat merusak saraf dan pembuluh darah tubuh, yang dapat mengganggu sirkulasi darah. Akibatnya membuat luka sulit sembuh bahkan penyembuhannya bisa sampai berbulan-bulan sehingga penyembuhan luka yang lambat dapat menyebabkan infeksi.

  • Rutin memeriksakan gula darah dapat menjaga kesehatan karena dengan mengontrol gula darah gejala-gejala diatas dapat terhindarkan, sehingga keluhan-keluhan pengidap diabetes dapat terhindarkan. Menjaga diri dari sekarang adalah pilihan yang tepat.

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *