Kehamilanku, Anakku buah hatiku

Kehamilanku,  Anakku buah hatiku. “Anakku, aisyah.
Hadirnya Aisy di hidup mama, menjadikan jalan hidup mama berbeda dari sebelumnya”

Ketika menikah, menjadi ibu adalah impian semua wanita namun Allah berkehendak lain padaku. Allah tunda hadirnya anak hingga sampai Allah percaya menitipkan malaikat kecil di hidupku. 8 bulan setelah menikah akhirnya aku hamil, test pack garis dua pertama kalinya, 21 desember 2019.
Alhamdulillah, tiada lain tempatku bersyukur selain Engkau ya Allah

Kehamilan bagiku sebuah hadiah dari Allah yang aku harap-harap. Akhirnya perjalanan kehamilanku di mulai.

Bulan pertama


Bulan dimana saya tak merasa sedang hamil, hanyut dalam kesibukan pekerjaan. Namun ada beberapa perubahan saya lebih sering sembelit. Dalam bulan ini 3 kali sembelit parah hingga menangis bolak balik WC. Merasa kurang minum, akhirnya rajin minum air putih 2 liter lebih sehari, sembelit pertama kalinya teratasi namun sembelit yang ketiga kalinya tak bisa teratasi meskipun sudah minum obat ambeyen, awalnya seperti mengalami ambayen, namun rasa penasaran akhirnya memutuskan untuk testpack dan sudah telat menstruasi 3 hari dari jadwal mens seharusnya.

Ada banyak gajala kehamilan yang dirasakan pada wanita yang belum mengetahui kehamilannya dan saya merasakan awal kehamilan dengan sembelit,  ternyata sembelit di awal kehamilan diakibatkan karena hormon.
Pada saat hamil muda, perubahan hormon saat hamil menyebabkan pencernaan menjadi melambat dan berakhir menjadi sembelit.

Menjaga kehamilan di trisemester pertama sangat penting, karena di awal kehamilan adalah fase pembentukan janin,  banyak yang dilakukan seperti mengurangi aktifitas yang berat karena akan berakibat pada janin.

Bulan kedua


Bulan saat saya sudah mengalami masa-masa ngidam, pusing kepala dan mudah capek hingga harus di infus vitamin. Namun tetap harus bekerja. Saya rada malu untuk mengaku hamil, karena dalam pikiranku hamil itu perutnya besar sedangkan perut saya belum nampak sedang hamil

Bulan ketiga


Puncak adaptasi masa-masa mengidam mual muntah, susah tidur, pusing kepala punggung panas, gak bisa jauh dari es krim karena merasa selalu kurang gula padahal ternyata hanya butuh kromium dan fospor yang terdapat pada buah, brokoli dan kacang-kacangan.

Bulan keempat


Sudah mulai menikmati masa adaptasi dengan banyak makan buah, semua buah di makan kecuali nanas dan pepaya, karena nanas mengandung enzim bromelain dan pepaya mengandung enzim papain yang bisa merangsang kontraksi rahim. Kontraksi rahim di kehamilan muda cukup mengkhawatirkan. Kedua buah tersebut Sebaiknya untuk ibu hamil harus dihindari.

Bulan kelima


Sudah bisa makan daging ayam dan sudah mulai bisa cium aroma bawang putih goreng. Berat badan mulai naik. By by mual

Bulan ke enam

Sudah mulai stabil meskipun sudah stabil.Semakin tidak sabar untuk bertemu dengan bayi.

Bulan ke tujuh

Liburan singkat ke pantai, mandi di pantai. Semakin semangat jalan kaki agar mempermudah lahiran.

Dan Untuk pertama kalinya belanja barang-barang untuk persiapan lahiran. Aku bahagia sekali.

Bulan kedelapan

Semakin banyak keinginan untuk kembali beraktifitas namun apa daya mudah lelah dan punggung mulai terasa berat. Namun tetap dinikmati.

Bulan ke sembilan


Was was menjelang hari lahir HPL yang ditentukan dokter terlewatkan, tekanan darah naik akibat stres akan lahiran, asam urat naik. Difase ini saya mengenal istilah preeklampsia, pre-eklampsia yaitu Komplikasi kehamilan berpotensi berbahaya yang ditandai dengan tekanan darah tinggi.

Pre-eklampsia biasanya dimulai setelah usia kehamilan 20 minggu pada wanita yang tekanan darahnya telah normal. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi serius, bahkan fatal, bagi ibu maupun bayi
Semakin stres hingga harus tes urine namun Alhamdulillah hasilnya saya tidak pre-eklamsia dan bisa melahirkan secara normal.
Jadi stres saat hamil sangat harus dihindari agar bisa melahirkan tanpa komplikasi.

Setelah lewat hari HPL dokter tekanan darah kembali normal. Tenang, HPL bukan hari pasti lahir tetapi HPL adalah hari perkiraan lahir, jadi bisa saja maju, tepat sesuai atau mundur dari hari HPL

27 agustus 2020
Di minggu ke 40 kehamilan, hari yang di tunggu, keluar bercak darah dan akhirnya ke klinik, ternyata sudah pembukaan 3, pembukaan 4, pembukaan 5, pecah ketuban, pembukaan 7, pembukaan lengkap, alhamdulillah Aisyah, my aisycream my sweety lahir kedunia.

Hari saya resmi jadi seorang ibu.
Terima kasih Allah

Aplikasi dan Mentor pendukung kehamilan

Kehamilan pertama, tentu saja lebih banyak khawatirnya sehingga keluhan sedikitpun menjadi hal besar.  Namun di masa sekarang ada banyak Aplikasi dan Mentor pendukung kehamilan.

Seperti aplikasi theasianparents yang saya gunakan dari awal kehamilan, setiap minggunya menjadi hal yang sangat saya tunggu-tunggu. Melalui aplikasi TheAsianparent, saya tau lebih banyak perkembangan janin di dalam rahim saya dan tentu saja membuat saya semakin mawas diri dalam memilih makanan serta kebiasaaan yang dapat berpengaruh kepada si janin. Bahkan ketika sudah melahirkanpum saya tetap memantau perkembangan bayi sesuai usianya melalui aplikasi ini. Bagi saya aplikasi ini sangat terbantukan, selalu informatif, juga membuat kita lebih siap dalam menjaga dan mengasuh bayi.

Selain itu saya juga mengikuti instagram @bidankita dan youtube @bidankita.  Selain informatif juga banyak ilmu baru yang membuat saya menjadi lebih siap dalam menghadapi proses melahirkan.

Aku juga aktif berkonsultasi dengan bidan dan support system lainnya untuk setiap keluhan dan treatmen yang diperlukan di masa-masa kehamilan.

Vitamin dan mineral dimasa kehamilan sangat penting seperti asam folat, zat besi, kalsium dan Vitamin D. Buah dan sayur menjadi makanan sehari-hari, ubah mindset “harus makan banyak karena bayi juga ikutan makan”. Tetapi makanlah yang berkualitas agar gizi bayi terpenuhi. Serta hindari sayur yang berefek membuat lambung menjadi kembung seperti kol.

Sedikit saran dari dokter saya di sarankan untuk minum susu kedelai,  atau yang biasa di kenal dengan air tahu,  kandungan susu kedelai sangat baik selain untuk produksi awal air susu juga untuk membersihkan kulit bayi.

Tak mudah bagiku yang merasakan kehamilan dimasa pandemi, semua hal serba terbatas,  maklum masa-masa mengidam adalah fase yang seru di masa kehamilan,  keinginan-keinginan yang aneh-anehpun kadang dirasakan tapi tetap harus jaga diri. Mulai dari menghindari bertemu dengan orang banyak dan lebih banyak berdiam diri dirumah. Namun dengan begitu ada banyak waktu istirahat bagiku. Karena seiring bertambahnya usia kehamilan banyak hal yang terjadi seperti mudah capek,  badan pegal-pegal,  punggung sakit dan masih banyak lagi keluhan-keluhan yang dirasakan namun yang sedang kita rasakan adalah kenikmatan yang Allah berikan untuk kita agar lebih bersabar dan menjaga rezeki yang Allah berikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top