Jenuh Saat Belajar. Berikut 7 Manfaat Ice Breaker dalam Pembelajaran

Jenuh Saat Belajar. Berikut 7 Manfaat Ice Breaker dalam Pembelajaran. Belajar adalah proses dalam mendapatkan transfer ilmu dari yang kita pelajari. Dalam belajar tentunya tak dipungkiri kejenuhan, kecemasan ataupun kebosanan melanda. Jika dalam belajar hal tersebut terjadi secara terus menerus, efek yang di timbulkan adalah blank atau kehilangan informasi sehingga sulit dalam memahami. Menghabiskan waktu lebih lama untuk belajar adalah hal baik namun akan lebih baik lagi jika lebih mudah memahami. Kondisi pikiran tenang, bersemangat, termotivasi dan bergairah dalam belajar menjadi yang utama. Berikut 7 Manfaat Ice Breaker dalam pembelajaran.

Manfaat Ice Breaker

Otak dan Kreativitas terasah dengan baik

 

Tak dipungkiri, jenuh adalah musuh utama dalam belajar. Belajar menjadi tidak bersemangat dan terkadang ogah-ogahan untuk melanjutkan pembelajaran. Ibarat kata, di sini gunung di sana dataran rendah, tubuh lagi belajar tapi pikiran melanglangbuana. Untuk itu diperlukan ice breaker dalam belajar, agar semangat kembali on dan muncul ide-ide baru dalam menciptakan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Kemampuan Interaksi semakin baik

Bermacam-macam jenis ice breaker dalam pembelajaran , jika dipraktekan pada sesama siswa tentunya akan menumbuhkan kemampuan interaksi dan komunikasi. Hal ini tentu saja memudahkan dalam sharing pembelajaran dan tentunya lebih mudah mengingat materi.

Rasa percaya diri

Ngantuk saat belajar? hampir 99% penduduk dunia pernah ngantuk saat belajar akibat kebosanan. Hal ini membuat kita rugi karena saat ngantuk, materi penting bisa terlewatkan. Dengan Ice Breaker mampu membuat ngantuk hilang dan kembali percaya diri untuk mendapatkan ilmu kembali. Ice breaker yang sering gunakan seperti menyanyi bersama atau bernyanyi di depan kelas.

Melatih kosentrasi dalam belajar

Konsentrasi dalam belajar adalah jantung pemahaman. Ketika belajar dengan tidak berkonsentrasi, tentu saja materi-materi tidak akan membekas di pikiran, malah sebaliknya tidak ada yang diingat. Tentu kondisi ini ice breaker sangat diperlukan untuk mengembalikan konsentrasi dalam belajar.

Konsep diri terbentuk

 

Ice breaker, mampu membentuk konsep diri. Menjadi mampu menata dan menentukan sikap untuk dirinya sendiri.

Terbentuk Jiwa Kepemimpinan

Ada banyak jenis ice breking dan setiap ice breaker memiliki manfaatnya masing-masing. Untuk Ice breaking yang berkelompok ini tentu saja dapat mengasah kemampuan kepemimpinan dalam mengarahkan peserta di dalam kelompoknya.

Lebih Menghargai

Menghargai sesama adalah sebuah kewajiban sebagai makhluk sosial namun dalam ice breaking, menghargai lebih menenangkan pikiran dan mudah untuk berkonsentasi kembali menerima materi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top