Ciri-ciri Kehamilan yang wajib diketahui

Ciri-ciri Kehamilan yang wajib diketahui Beberapa hari setelah menstruasi di bulan november, untuk pertama kalinya sembelit nongkrongin WC hampir  setengah jam sambil mikir cari-cari penyebab dan solusi sembelit. akhirnya kepikiran buat minum air putih 1 gelas besar. setelah itu sembelitnya hilang. Beberapa hari setelahnya terulang kembali, minum air 1 gelas tapi tidak bisa mengobati sembelit yang kedua. akhirnya minum obat ambeven. kali ini solusi berhasil. Mendekati silkus mens selanjutnya sembalit terulang lagi untuk yang ketigakalinya, minum air 1 gelas dan obat ambeven udah tidak berefek lagi. Mau tidak mencoba untuk menggunakan microlac, di waktu yang sama sembelit teratasi. Namun rasa bingung menyelimuti, karena ini hal pertama kalinya dalam 1 bulan sembelit dengan solusi yang berbeda-beda. Akhirnya gogling untuk mengetahui penyebabnya. Untuk pertamakalinya gogling dan baca di situs kesehatan Halodoc, selalu mengarah pada ciri-ciri kehamilan.

Akhirnya saya putuskan untuk tespack keesokan paginya. Lucunya saat urine pagi hari udah siap ternyata stok testpack habis dan harus beli dulu. Namun karena sesuatu hal mau tidak mau tespacknya malam. Dan saking takut berekpetasi dengan kehamilan akibat sudah terlalu sering tespack dan hasilnya garis satu. Menggunakan tespackpun tak sembarangan, tentu saja harus membaca dengan teliti step-step cara penggunaan, agar tidak melakukan kesalahan. Akibat ketidaksabaran, setelah mencelupkan tespeck di urine dan garisnya terlihat pertama kali adalah garis satu. Dengan wajah kecewa dan bilang” iya gak apa”, namun siapa sangka 2 menit setelahnya di lihat kembali tespack, garis satunya bertambah menjadi garis dua.Rasa tidak percaya menyelimuti kami, pasangan suami istri ini. Namun diperkuat dengan telat mens selama 3 hari. Saking excited nya, telat mens selama 7 hari, setiap hari testpack dengan hasil yang sama. Akhirnya kami memutuskan untuk USG. Alhamdulillah untuk pertama kalinya kantung bayiku terlihat.

Ada banyak pengalaman saat pertama kali mengetahui kehamilan,bahkan berbagai ciri bahkan beberapa kasus yang keguguran akibat melakukan aktivitas berat di masa awal kehamilan. Untuk mengetahui agar kabar gembira ini lebih mudah dideteksi maka perlu untuk mencari informasi ciri-ciri kehamilan. Dimasa awal kehamilan sering tanpa disadari telah hamil. Bahkan karena ketidaktauan akhirnya ciri-ciri tersebut dihubung-hubungkan dengan kondisi kesehatan lainnya. seperti kecapekan, masuk angin dan gangguan lainnya. Namun yang paling mudah dideteksi adalah telat menstruasi, meskipun banyak yang menyangka akibat stres namun tidak ada salahnya untuk mencoba testpack. Setidaknya untuk mengetahui awal tanda kehamilan.

Kehamilan bisa terjadi di minggu kedua atau ketiga yang mana sering di sebut dengan masa subur ata masa ovulasi. Hal ini karena di masa subur terjadi pelepasan sel telur dari ovarium, sehingga sel telit siap dibuahi oleh sperma. Siklus ovulasi biasanya terjadi di hari ke 13 atau di hari ke 20 setelah HPHT (Hari pertama haid terakhir) untuk menentukan tanggal pembuahan.

Tentu saja di 1 minggu setelah mestruasi belum terlihat tanda-tanda hamil, jika bisa memperhatikan kondisi dan perubahan tubuh secara terus menerus. Namun akibat terlalu sibuk kadang sangat sering terabaikan. Untuk itu perlu mengetahui ciri-ciri hamil sebagai berikut.

Kram dan timbul bercak

Ciri yang paling pertama adalah kram perut.  Meskipun kram dan timbul bercak darah sering dianggap sebagai tanda akan datang menstruasi namun pada fase ini sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim. Maka jika telah telat mens dan keluar bercak darah disertai dengan kram, ada baiknya untuk tespack atau cek ke dokter.

Suhu badan terasa lebih hangat dari biasanya

Perasaan seperti meriang, sehingga ibu hamil kadang mengira bahwa akan demam juga merupakan ciri hamil. Namun hal tersebut ternyata adalah akibat dari ketika sel telur dilepaskan dan akan menetap sehingga suhu tubuh basal atau suhu tubuh pertamakan kali bangun tidur akan naik sekitar setengah derajat namun jika dalam waktu 2 minggu suhu badan tidak turun berarti dalam keadaan hamil.

Pendarahan Implantasi

Pendarahan di awal kehamilan terkadang hanya seperti flek atau bercak darah. Hal ini dikarenakan sel telur yang telah dibuahi di tanamkan kedalam lapisan rahim setelah pembuahan. Namun bercak darah yang keluar lebih ringan dari menstruasi dan berwarna coklat atau merah muda.

Mual dan Muntah

Yang sangat sering terjadi di awal kehamilan adalah mual yang disebabkan meningkatnya hormon kehamilan atau Human Chorionic Gonadotropin (HCG). Dan hampir kebanyakan perempuan mengalami morning sicknes di awal kehamilan dengan jangka waktu bervariasi, namun yang lebih sering di trisemester pertama kehamilan. Meskipun kadang dikaitan sebagai akibat dari asam lambung namun lebih baik untuk segera cek ke dokter.

Sering buang air kecil

Rahim yang membesar akibar adanya kantung janin membuatnya menekan kantung kemih. Hal ini membuat frekuensi buang air semakin tinggi. Selain itu karena perubahanan hormon kehamilan membuat produksi uriune meningkat. Meskipun bukan tanda yang bisa memastikan kehamilan namun ada baiknya jeli dalam melihat perubahan tubuh serta memeriksakan ke dokter, karena sering buang air besar juga merupakan terganggunya kondisi tubuh seperti infeksi saluran kemih dan gangguan lainnya.

Perubahan Kebiasaan buang air besar, seperti sembelit dan diare

Kesulitan buang air besar selain di sebabkan karena kurangnya mengonsumsi serat juga disebabkan tingginya kadar hormon progesteron pada ibu hamil. Hormon ini menyebabkan makanan lebih lama dicerna, maka dari itu ibu hamil harus banyak minum air putih, berolahraga serta menerapkan pola hidup sehat.

Payudara Bengkak dan aerola menghitam

Payudara terasa penuh, merupakan tanda awal kehamilan. Payudara telah disiapkan sedari awal untuk persiapan menyusui, hal ini juga menyebabkan payudara menjadi lebih sensitif akibat kandungan air dan garam yang menekan puting payudara ibu hamil.

Selain itu akibat kadar estoteron dan progesteron yang tinggi membuat tumbuh lebih banyak kelenjar air susu, sehingga membuat aerola di sekitar puting menjadi lebih menghitam.

Ngidam

Ciri hamil yang paling sering dialami adalah mengidam, akibat dari tingginya kadar air liur membuat ibu hamil ini sangat ingin memakan makanan yang diinginkannya

Indera penciuman sensitif

Akibat dari perubahan hormonal membuat indera penciuman menjadi lebih sensitif terhadap bau menyengat seperti parfum atau minyak wangi, rempah-rempah, asap rokok serta aroma-aroma tajam yang menyengat lainnya.

Kecemasan dan perubahan suasana hati

Hal yang tak kalah pentingnya adalah perubahan suasana hati. Jangan kaget jika ibu hamil menjadi lebih sensitif, lebih manja dan lebih muda cemas. Hal ini tentu saja membuat para suami harus ekstra sabar.

Pernyebab perubahan suasana hati adalah akibat dari kadar HCG yang meningkat sehingga ibu hamil lebih mudah lelah bahkan lebih mudah emosi pada hal-hal sepele.

Kelelahan

Kelelahan juga merupakan tanda awal kehamilan, meskipun tidak sedang melakukan aktifitas berat, namun kelelahan lebih sering diawali oleh ibu hamil muda. Hal tersebut disebabkan tingginya kadar hormon progesteron. Sehingga mengharuskan ibu hamil untuk lebih banyak beristirahat serta mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung protein, agar ibu hamil lebih bugar dan kelelahan dapat teratasi.

Nyeri sendi dan Otot

Merasa seperti nyeri sendi bahkan nyeri punggung di bagian bawah dan pinggang adalah gejala awal yang dialami ibu hamil. Akibat dari ligamen dalam tubuh menjadi lebih lembut dan merenggang.

Ada rasa logam di mulut

Perubahan air liur juga menjadi hal yang sangat dominan pada ibu hamil. Meningkatnya kadar esterogen dan progesteron dalam tubuh ibu hamil juga menjadi sebab, hal inilah menjadi alasan ibu hamil lebih suka memakan makanan yang asam, guna menetralisir rasa logam pada mulut ibu hamil

 

Terlambat Menstruasi

dan beberapa ciri lainnya sama seperti saat menstruasi seperti sering pusing, sering lapar bahkan nafsu makan meningkat.

Terlambat datang mens juga bukan ciri awal hamil,  namun bisa menjadi alasan untuk memeriksakan kehamilan menggunakan alat tes kehamilan ataupun memeriksakan diri ke dokter.

Menggunakan tes kehamilan untuk mengetahui kadar HCG dalam urine tentu cukup akurat untuk mengetahui perkiraan kapam kehamilan terjadi. Namun akan lebih akurat jika langsung berkonsultasi ke dokter, guna mengetahui kehamilan.

Selain itu di masa pandemi ini tentu saja membuat ibu hamil enggan memeriksakan dirinya ke dokter. Saat ini kemudahan untuk berkonsultasi dengan dokter menjadi hal yang terpenting, cukup melalui aplikasi HALODOC, dengan beragam fitur yang ditawarkan sepetyi TANYA DOKTER yang memudahkan untuk chat dengan dokter umum dan  spesialis dimanapun dan kapanpun, BELI OBAT untuk beli obat dan vitamin, serta RUMAH SAKIT untuk kunjungan rumah sakit menjadi lebih mudah. Lebih mudah bukan?

,

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *