Seberkas Cahaya Ilmu di Rumah Pintar Astra

Seberkas Cahaya Ilmu di Rumah Pintar – Hampir dari kita tidak asing mendengar nama Astra, bahkan setiap produk dan layanan Astra dapat kita rasakan. Berdiri pada tahun 1957, dahulu dikenal dengan nama Astra International Inc sekarang sudah berusia 60 Tahun, walaupun pada tahun 1990 mengalami perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk namun tidak menghambat perkembangannya dalam dunia manufacture industri otomotive nasional. Dari masa ke masa, ASTRA telah bergelut melintasi krisis politik, budaya dan fluktuasi moneter. ASTRA merangkak, jatuh, bangkit dan terus membangun tanpa henti.

Dalam hidup seseorang adalah ketika kita menjadi bagian yang berpengaruh dari hidupnya. Begitupun ketika saya menjadi seorang guru, kebanggaan terbesar dalam hidup saya adalah ketika saya menjadi orang yang paling berpengaruh dalam hidup siswa – siswa saya. Bahkan setiap moment mereka menikmati pendidikan akan menjadi kenangan yang selalu diingat dalam jangka waktu lama. Astra, Selama 60 tahun berkarya Astra selalu berusaha memberikan yang terbaik melalui kontribusi sosial yang berkelanjutan dalam jangka panjang, semua dilakukan Astra karena Astra memiliki nilai-nilai luhur dari Catur Dharma yang tidak pernah hilang dan selalu berinovasi dengan berlandaskan nilai-nilai tesebut agar terus berkembang sesuai perkembangan zaman.

Perusahaan Multinasional ini berdedikasi dalam bidang pendidikan dan menunjukan kesungguhannya  melalui  program Corporate Social Responsibility atau CSR. Astra telah menjalankan kegiatan tanggung jawab sosial dalam bidang pendidikan berupa program Rumah Pintar dalam meningkatkan mutu pendidikan Bangsa Indonesia.

Mencerdaskan Bangsa Melalui Rumah Pintar

Rumah Pintar adalah satuan pendidikan nonformal yang menyelenggarakan minimal lima sentra layanan program, meliputi: sentra buku, sentra komputer, sentra kriya, sentra panggung atau audio visual, dan sentra bermain. Dengan kata lain, Rumah Pintar sebagai rumah belajar bagi  masyarakat yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Baca Juga  My HandMades

 

Latar Belakang dan Tujuan Rumah Pintar

Berdirinya Rumah Pintar lahir dari ide dan pemikiran Ibu Negara, Ibu Hj. Ani Susilo Bambang Yodhoyono  untuk turut berperan dalam mensejahterakan bangsa, maka Ibu Negara bersama Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) menggagas Program Indonesia  Pintar. Pada 2013, Astra bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim, anak perusahaan dan SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu) menggagas dan membangun Rumah Pintar sebagai upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui pengetahuan dan keterampilan Astra melakukan pengembangan hardware seperti kegiatan pembangunan Rumah Pintar dan fasilitasnya serta pengembangan software dimana dilakukan pelatihan bagi pendamping rumah pintar Astra oleh SIKIB, Ibu Okke Hatta Rajasa dan Ibu Laily M. Nuh serta pakar pendidikan Indonesia, Bapak Arief Rachman.

Tujuan utama dari Program Indonesia Pintar adalah mewujudkan masyarakat berpengetahuan, masyarakat sejahtera (welfare society) dan masyarakat yang beradab (civilized society). Masyarakat Sejahtera dan masyarakat yang memilki peradaban akan dicapai melalui masyarakat yang memiliki pengetahuan. Selain itu tujuan berikutnya Rumah Pintar adalah meningkatkan minat baca, mengembangkan potensi kecerdasan anak, pengenalan teknologi melalui pembelajaran di 4 sentral, mengembangkan dan memberdayakan keterampilan masyarakat berbasis potensi lokal melalui Sentra K, meningkatkan taraf hidup keluarga ,Memacu kreativitas masyarakat  guna mempertahankan dan melestarikan budaya lokal dan Menumbuh kembangkan kemampuan berwirausaha berbasis potensi lokal

 Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 49 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Nonformal.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2012 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 Tahun 2013 tentang Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal
Baca Juga  KUMPULAN METODE PEMBELAJARAN

Fungsi Rumah Pintar

Rumah Pintar adalah  “Rumah belajar “untuk masyarakat  sebagai tempat Mengenalkan teknologi baru dan memberikan pelayanan pendidikan guna mengembangkan potensi yang dimiliki anak secara optimal sehingga dapat menjadi generasi yang berkualitas di masa mendatang. Generasi yang mempu berwasawan luas serta memiliki potensi yang unggul dalam segala hal, serta membantu anak  dalam memahami perkembangan  kemajuan zaman. Pemberdayaan kaum perempuan dengan segala potensi yang dimiliki melalui pelatihan dan pendidikan di sentra-sentra, khususnya sentra kriya, membantu kaum perempuan menjadi lebih kreatif dalam mengeksplorasi kemampuan diri. Mengembangkan keterampilan kaum ibu/bapak dengan berbasis potensi lokal, sehingga diharapkan masyarakat mampu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga dan dapat meningkatkan  kesejahteraan dan kemakmuran,Sebagai tempat untuk memacu kreativitas guna mempertahankan, melestarikan, dan mengembangkan budaya lokal, mengasah kreatifitas masyarakat dalam melestarikan potensi lokal, Menumbuhkembangkan masyarakat untuk memiliki kemampuan dalam berwirausaha. Termasuk di dalamnya  menciptakan peluang kerja baru, meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar sehingga tercipta masyarakat yang sejahtera.

Sasaran Rumah Pintar

Sasaran prioritas  Rumah Pintar adalah masyarakat padat penduduk, daerah terdepan, bencana, konflik, dan kurang sarana pendidikan, terdiri dari anak-anak , remaja,  kaum perempuan dan lansia. Tentu saja untuk semua jenis kalangan dapat merasakan manfaat dari Rumah Pintar. Pembangunan Rumah Pintar oleh Grup Astra tersebar di 11 provinsi di Indonesia dengan  total pembangunan  20 Rumah Pintar.

 

Peta Sebaran

Melalui Rumah Pintar, membuktikan konsistensi Astra dalam berkomitmen meneladani nilai-nilai luhur 4 pilar Catur Dharma. Bagi saya seorang guru, adanya rumah pintar ini adalah prasarana dalam menunjang belajar siswa, merupakan hal yang sangat membantu siswa dalam menambah pengetahuan setelah pendidikan formal siswa. Untuk itu sudah selayaknyalah ucapan terima kasih kepada Astra kami haturkan, karena Astra sangat peduli terhadap meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Baca Juga  BFamz

 

Sumber Referensi :

www.astra.co.id

http://p2rpn.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *