Mengungkap Rahasia mendapatkan Rezeki Tak Terduga

Selama beberapa bulan ini, saya sedang asyik-asyiknya baca buku yang temanya “berpikir”. alasannya mungkin, berpikir adalah hal yang paling dekat dan paling sering dilakukan oleh manusia dan berpikir itu adalah suatu yang unik dari manusia. Intelektual, saya lebih senang menyebutnya seperti itu, keistimewaan manusia dari makhluk lainnya.

read more. . .

Sampai pada suatu ketika saya ke toko buku, dan gak sengaja baca buku yang ada kata-kata suprarasional, kalau dalam matematika kata rasional mungkin sering dengar, bahkan cara berpikir rasionalpun kita paham. namun bagaimana dengan suprarasional, itu seperti supranatural?

Hingga akhirnya saya memutuskan untuk memiliki bukunya, untuk menghilangkan rasa penasaran saya.

Apa se yang pertama kamu lihat saat akan membeli buku?

judul? Penulis bukunya? penerbitnya?harganya? atauuu covernya?

Tentu saja kita punya alasan masing-masing ketika akan membeli bukunya, dan saya agak selektif untuk hal ini, saya sendiri lebih fokus pada siapa penulisnya, apa latar belakang, dan seperti apa resensinya.

Agak ribet se memang, tapi siapa yang mau menyesal setelah membaca bukunya? atau setidaknya buku yang akan kita beli, jika itu ilmiah, bahasannya mampu kita jangkau sesuai kemampuan kita.

dan kali ini saya benar-benar tidak menyesal ketika memilih buku ini, walau memilih buku tidak lama seperti memilih baju yang akan kita beli, namun setidaknya semua butuh waktu. hmmmm

Sedikit merensi buku yang jadi pilihan saya bulan ini.


Judul buku : Cara berpikir Suprarasional

Nama Pengarang: Raden Ridwan Hasan Saputra

Nama Penerbit : Republika Penerbit ( PT Pustaka Abdi Bangsa)

Ketebalan Buku : 178 Halaman

Tahun terbit : 2017


Jadi, buku ini cetakan tahun 2017, tapi asyik kok di baca di tahun 2018, tenang aja, walaupun beda tahun, namun tak membuat kita kembali ke masa lalu. eh

Kenapa saya tertarik untuk merensi buku ini?

Buku ” Cara Berpikir Suprarasional” sudah termasuk buku best seller, jadi untuk apalagi harus di resensi kan? sederhananya, saya sangat senang berbagi hal-hal baik, terutama hal-hal yang bermanfaat.

Terlebih buku ini seperti vitamin ketika membacanya dan tentu saja saya tak ingin sendiri menikmati vitamin sehat ini, sehat rohani tepatnya.

Jika di lihat dari judul mungkin, orang akan sedikit takut mencoba membacanya, mengapa? karena istilah yang digunakan baru bagi saya, itu menurut saya.

awalnya agak sedikit punya anggapan dengan buku ini adalah buku ilmiah yang agak berat dan ternyata, setelah saya membacanya, buku ini seperti sedang menyadarkan cara berpikir dan anggapan saya, tepatnya buku ini seperti menjelaskan kita tentang bagaimana Allah mengatur hidup kita dan seperti apa pandangan kita jika kita memahaminya dengan sudut pandang ilmiah. Agama? Ilmiah? bisa?

Pernah kita putus asa? walau tak pernah tercetus oleh mulut namun kadang tanpa kita sadari, kadang kita protes dengan hal-hal yang menimpa kita, walaupun sebenarnya hal-hal tersebut adalah akibat dari perbuatan kita. nah di buku ini segala anggapan dan argumen kita tentang hal-hal yang kita percayain sebagai ketentuan dari Allah akan di jelaskan. Selain itu buku ini mengajak kita melakukan hal-hal baik tanpa perhitungan, dan mengajak kita untuk terus melakukan hal-hal baik demi tujuan yang kita inginkan.

Bapak Ir. R. Ridwan Hasan Saputra, yang saya hormati dan sebagai inspirasi saya saat ini, beliau adalah penulis buku Cara berpikir Suprarasional ini. Buku ini adalah berdasarkan pengalaman hidup beliau. Seorang pendiri dan Direktur Klinik Pendidikan MIPA. beliau aktif mengajar siswa kelas berbakat, guru-guru di berbagai daerah dan dalam-luar negeri, bahkan pembuat soal dan juri dalam kompetisi di dalam maupun di luar negeri. MasyaAllah, semoga Allah menjaga ilmu beliau dan Allah beri kesehatan untuk selalu berbagi ilmunya.

“Cara berpikir manusia ada empat:  natural, rasional, supranatural dan suprarasional. Kuasai cara berpikir suprarasional jika kita ingin menjadi orang-orang yang mempunyai karya-karya besar.”

ini adalah kutipan pada halaman pertama di bab pertama buku ini. semakin penasaran dan kepingin tau kan, tentu saja, saya saja langsung cepat- cepat baca saking penasarannya, siapa yang gak mau jadi orang yang punya karya besar, bahkan saya sendiri memimpikan untuk punya buku best seller, itu karya besar? besar menurut saya yang bertubuh mungil ini.

oh iya sebelumnya,  jangan kaget ketika membaca buku suprarasional ini ada grafik-grafik matematikanya, jadi dalam penyajiannya, buku ini menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan matematika sederhana dan pendekatan keimanan. loh ini buku apaan ya?

Di dalam buku ini banyak istilah-istilah yang bisa kita pahami setelah membacanya dengan intensif, baca buku habis itu pikirin apa maksudnya, lalu dihubungi dengan kehidupan kita sehari-hari, hal-hal yang pernah terjadi di kehidupan sehari-hari. supaya berasa vitaminnya.

Cara berpikir suprarasional apa artinya?

Cara berpikir suprarasional adalah cara berpikir orang yang rasional yang dipakai ketika menghadapi masalah yang sangat sulit bahkan tidak bisa di selesaikan dengan cara berpikir rasional.

semakin penasarankan?

dalam buku ” Cara berpikir Suprarasional” ini ada 7 bab:


 1. Apakah cara berpikir suprarasional itu?

2. Jadilah karyawan Allah

3. Merencanakan kesusahkan

4. Pahala lebih baik dari pada uang

5. Rezeki kita tergantung pahala kita

6. Fenomena kehidupan dari kacamata suprarasional

7. Manfaat berpikir suprarasional untuk bangsa


Resume


Setiap orang menginginkan rezeki yang berlimpah bahkan hidup yang lebih baik dari hari sebelumnya. namun dalam kehidupan sehari-hari terkadang hal tersebut hanya sekedar keinginan saja, cara berpikir suprarasional mampu menyelesaikan masalah-masalah besar dengan cara-cara yang tidak terpikirkan orang. bahkan mereka juga akan mendapatkan rezeki yang tidak disangka-sangka, dimana tidak semua orang mendapatkannya.

Menjadikan Allah sebagai majikan dan menjadi karyawan setia Allah tidak ada kata pensiun, hanya ketika meninggal dunialah pensiunnya. Menggantungkan diri hanya kepada Allah, tidak ada kata kecewa seperti kita berharap selain Allah.

Hidup itu berpasang-pasangan, seperti pasangan kesusahan dan kesenangan. Merencanakan kesusahan lebih baik dari pada merencanakan kesenangan. seperti pepatah ” Berakit-rakit kehulu berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Tujuan bekerja adalah mendapatkan gaji bisa dalam bentuk mingguan atau bulanan yang nantinya akan digunakan untuk mendapatkan harta lainnya. padahal sebenarnya ada yang lebih baik dari hanya sekedar gaji, yaitu pahala ikhlas yang bisa membuat kita mendapatkan lebih banyak dari yang kita inginkan. Jika kita ikhlas!!

Mengamalkan 7 sunnah harian Nabi Muhammad SAW, tujuannya agar kita selalu terhubung ke Allah. Menjaga Agar pahala kita tetap terjaga karena perbuatan dosa akan bisa menghalangi rezeki dan keberuntungan kita di masa depan. Memupuk tabungan  gaib sebagai bentuk penentu kesuksesan di masa depan.

Bersyukur adalah cara kita memupuk tabungan gaib yang mempengaruhi kadar segitiga biru dan segitiga hitam yang berpengaruh dalam kehidupan kita, semisal alasan orang pintar tetapi hidupnya tidak sukses karena pengaruh segitiga hitamnya lebih besar daripada segitiga biru.

Ada banyak manfaat jika kita berpikir secara suprarasional, kehidupan akan menjadi lebih tenang dan akhlak sehari-hari kita akan menjadi lebih baik. lalu bagaimana jika, bangsa kitapun semua berpikir suprarasional? negara kita akan menjadi negara yang saling tolong menolong dan menjadi negara yang makmur.


Setelah membaca resume dari buku ini mungkin kita akan mulai berpikir untuk membaca lengkap isi bukunya. Ada lebih banyak penjelasan yang mampu menjawab kebingungan kita tentang mengapa doa kita tidak terkabul, sudah belajar banyak tapi tidak pernah mendapat peringkat pertama, mengapa doa orang tua dan orang yang terdzolimi lebih cepat terkabul?

di buku ini kalian akan banyak mendapatkan jawabannya.

dan sebagai guru,  cara berpikir suprarasional ini kita ajarkan kepada siswa-siswa, maka ilmu yang di dapat akan semakin berkah dan bermanfaat untuk banyak orang. Serta kemudahan-kemudahan dalam menuntut ilmu akan kita dapatkan.

semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *