Pernah merasakan matahari tepat diatas kepala?

Melihat telur ayam bisa berdiri?

terdengar unik namun siapa sangka merasakan tak memiliki bayangan karena matahari tepat di atas kepala dan telur ayam bisa berdiri hanya dapat dinikmati di Pontianak. Seperti diketahui bersama Pontianak adalah adalah kota yang dilalui oleh garis equator, garis lintang nol derajat. Inilah yang menyebabkan terjadinya kulminasi matahari yang terjadi 1 tahun 2 kali yaitu pada bulan maret dan september tepatnya di tanggal 21-23.

“Ajaibnye Tugu Khatulistiwe”

tagline ini membuktikan sebuah keajaiban dan keistimewaan yang dimiliki oleh Tugu Khatulistiwa, sebagai icon Kota Pontianak. Di Kota Pontianak sendiri menyambut kulminasi dengan mengadakan acara di kawasan Tugu Khatulistiwa dan tentu saja ini sangat menarik bagi wisatawan mancanegara dan domestik.

Tak seperti acara kulminasi sebelumnya, kali ini acara dilaksanakan mulai dari tanggal 19 -23 september 2018, dengan full agenda setiap harinya.

Siapa saja boleh menikmati detik-detik kulminasi namun kali ini ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara kali ini lebih mengedepankan nilai-nilai edukasi. Dibuktikan dengan adanya Talent Show Pemilihan Putera-Puteri Pariwisata Khatulistiwa, Workshop Robotika dan Robot Kuntianak oleh Borneo Skycam serta Planetarium dan Teropong Matahari yang bekerjasama dengan LAPAN.

Dimeriahkan dengan lomba-lomba menghias tumpeng, lomba masak miew Tiaw, lomba trend make up pengantin khas Pontianak, lomba menghias suevenir Tugu Khatulistiwa dan lomba roket air tingkat SMA/SMK.

Kemeriahan tak sampai disana, beragam penampilan dari talent-talent kota Pontianakpun di pertunjukan mulai dari penampilan dari Tapak Suci , Sanggar SP dan Sanggar Vois Sport

di Malam Final Pemilihan Putera Puteri Pariwisata Khatulistiwa 2018, menghadirkan

  • Fashion show by Arief Designer
  • Fashion Show by David Rusli
  • Fashion Show by Yuliana Akbar
  • Penampilan dari Tazki Acapella
  • Penampilan dari Putri (Singer)
  • Penampilan dari Muri KDI (Singer)
  • Penampilan Sape’
  • Penampilan Saxophone
Baca Juga  Terima kasih kepercayaannya

Lintas kulminasi semakin ramai dengan adanya lomba seflie/wefie di lintas khatulistiwa dengan tema “Ajibnye Tugu Khatulistiwe”, selama acara berlangsung dari tanggal 19-23 september 2018.

Mari ramaikan lintas kulminasi Tugu khatulistiwa. Tunjukan bukti ke banyak orang bahwa kita hadir dalam memeriahkan acara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *