Ketika mendengar kata kampung, tentu saja hal yang terpikirkan adalah sebuah pemukiman yang hijau dan asri. Mungkin ada benarnya jika terpikir seperti itu, dan tentu saja kadang ada yang berpikir indahnya pulang kampung.

Nah kali ini sedikit mengenal sebuah kampung istimewa yang terpilih sebagai satu diantara banyak nya Kampung Berseri Astra (KBA).Kampung Berseri Astra sendiri merupakan program corporate social responsibility (CSR) Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program CSR, yaitu, Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kesehatan.

4 Pilar ini menjadi landasan terbentuk kampung pilihan yang menjadi andalan dalam pelestarian kampung berseri. Pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan Kesehatan. Tentu saja menjadi komponen suatu kampung dikatakan sejahtera.

Melalui program KBA ini, masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA. Tentu saja ini lah impian Astra dalam mewujudkan masyarakat yang berkualitas.

Kampung Berseri Astra di Pontianak terletak di jalan Sunga Jawi. Mudah sekali untuk menemukan Kampung Berseri Astra tepat di depan Gang terdapat dua buah icon Tugu Khatulistiwa, mengapa ada Tugu Khatulistiwa, iya karena Kampung ini berada di Kota Pontianak, Kota yang di lalui oleh garis Equator, garis yang membagi dunia belahan utara dan selatan.Tentunya suatu kebanggaan cita-cita Astra tertuang dalam Kampung Berseri Astra yang berada di Kota Pontianak yang terpilih dan terbentuk sejak bulan maret 2016.

Apa Manfaat lanjutan Kampung Berseri Astra ( KBA )?

Astra turut andil dalam mewujudkan masyarakat yang berkualitas. Hal ini disebabkan program KBA yang terdiri dari pendidikan, kewirausahan, lingkungan dan kesehatan menekankan kepada pengimbasan kebermanfaata  dan keberlanjutan program.

Baca Juga  Kreasi barang sita an

Bagaimana Kriteria menentukan dan Memilih Kampung Berseri Astra?

Dalam menentukan dan memilih calon KBA, terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati, antara lain:

  1. Koordinasi perusahaan Grup Astra
  2. Pembentukan tim KBA
  3. Koordinasi dengan pemerintah daerah
  4. Social mapping
  5. Penentuan lokasi KBA
  6. Penyusunan rencana program
  7. Komitmen bersama dan kick-off program KBA

Tahapan demi tahapan pun telah dilalui sehingga terpilihlah Kampung Bersih Astra di Pontianak. Astra terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas masyarakat dan lingkungan serta mensejahterakan masyarakat melalui kewirausahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *