Ice Breaker si pemecah kejenuhan di Kelas

Siapapun pasti pernah merasa kebosanan dalam belajar, apalagi jika kebosanan itu melanda kita saat di kelas, yang seharusnya konsentrasi memahami pelajaran harus terkendala karena kebosanan. Bosan saat di kelas tentu saja ada banyak penyebab, mulai dari mata pelajaran yang tidak kita sukai hingga penyampaian materi yang terkesan monoton, akhirnya tanpa kita sadari otak menerjemahkan suasana tersebut dalam bentuk kebosanan, kalau kata anak-anak zaman now yaa, mereka bilang itu badmood. Tapi bedanya badmood yang ini gak membuat kita menjadi mager alias malas gerak, malah sebaliknya pingin cepat-cepat aja ninggalin suasana kelas yang seperti itu.
Kalau kita berada di posisi guru, Tentu aja ini menjadi hambatan dalam menyampaikan materi, guru mana yang gak mumet, materi masih banyak yang harus disampaikan, waktu terus berjalan menuju musim ulangan, tapi anak-anak semakin tidak fokus di kelas atau dengan kata lain mereka sedang dalam kejenuhan.

heriyudiantost061233.gurusiana.id

Nah, untuk kita para guru yang memang tugasnya mencari perhatian anak, tentu saja tak boleh kehabisan akal,  hal yang pertama harus kita lakukan adalah membaca bahasa tubuh anak, mulai dari mimik wajah hingga sikap duduk anak. sedetail itu ya? iya dong menjadi guru yang inovatif dan kreatif itu gak mudah harus pandai-pandai memahami kondisi dan suasana hati siswa, tentu saja kemampuan itu tidak didapat dengan mudah, sang guru harus lebih giat mencari ilmunya, semisal membaca buku-buku psikologi anak.
apa yang harus dilakukan selanjutnya?
di saat anak-anak merasakan kebosanan guru harus mampu mengubah suasana bosan tersebut menjadi sesuatu yang mengasyikkan. seperti sekedar teori saja ya?
iya guru harus mampu mengubah suasana belajar dengan membuyarkan kebosanan anak-anak. Memberikan suasana tambahan di saat pembelajaran sedang berlangsung. Dengan sedikit Ice Breaker , bisa membuyarkan kejenuhan anak-anak.
Apa itu Ice Breaker?
Kalau diterjemahin ice breaker berarti pemecah es, bisa saja palu atau benda keras lainnya yang bisa buat mecahin es. oh gak becanda. hehehehehe.
Menurut Kusumo Suryoharjuno dalam bukunya yang berjudul 100+ Ice Breaker Penyemangat Belajar, ice breaker adalah peralihan situasi yang membosankan, membuat ngantuk, menjemukan dan tegang menjadi rileks, bersemangat dan tidak membuat mengantuk serta ada perhatian dan ada rasa senang untuk memndengarkan ata melihat orang yang berbicara di depan kelas atau ruang pertemuan.
Kadang ice breaker ini digunakan oleh trainer-trainer dalam sebuah pelatihan namun tidak ada salah jika ice breaker kita gunakan dalam mengajar di kelas. Seperti menurut teori konstruktivisme, dimana anak-anak memerlukan pengalaman belajar dalam hidupnya, jadi ada sesuatu yang diingat anak dalam penyampaian materi pelajaran.
mungkin ada sebuah pertanyaan, apa ice breaker ini gak ganggu proses belajar kita, atau malah menghabiskan jam belajar?
Dalam belajar atau yang lebih kita pahami dengan mentransfer ilmu guru kepada anak-anak, tentu saja hal yang terpenting adalah tercapainya tujuan pembelajaran, ice breaking tidak mengubah tujuan namun malah membantu tujuan pembelajaran itu tercapai, terlebih dalam proses belajar ada faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi proses belajar anak. fungsi Ice Breaker dalam proses belajar adalah sebagai energizer sebelum pemberian materi pertama, memecahkan kebekuan, memberikan pencerahan di saat mengalami kejenuhan dan mampu membangkitkan gairah belajar sehingga memberikan kesan yang menyenangkan ketika belajar.

Baca Juga  [CeritaBuguru] Saya tak ingin Melanjutkan Sekolah

Ada banyak macam ice breaker seperti:

Games ( Permainan)
adalah kegiatan simulasi yang melibatkan siswa. waktu bermain yang diperlukan 1-5 menit
contoh :
Gajah, Semut, Ular, Cacing
Prosedur:
Jika disebutkan “gajah”, dijawab “ besar” dan dibarengi dengan ibujari menekan jari kelingking
Jika disebutkan “ semut” dijawab “ kecil” dan dibarengi kedua tangan membuat lingkaran besar                        jika disebut” ular” dijawab “panjang” dan dibarengi dengan kedua tangan bergerak saling mendekat
Jika disebutkan “cacing” dijawab” pendek” daan dibarengi kedua tangan bergerak saling menjauh.
untuk mengawali sebagai latihan, bisa dilakukan dengan gerakan yang biasa dulu, gerakan normal, seperti di jawab “besar” sambil kedua tangan membuat lingkaran besar, dst.

Menyanyi
waktu yang diperlukan 3-5 menit
contoh:
Kepala pundak ( dinyanyikan seperti lagu bungong jeumpa)
kepala pundak kepala pundak
lutut dan kaki 2x
daun telinga, mata hindung,pipi
tangan di pinggang, amboy ! asyiknya sekali
yang di goyang goyang di goyang goyang aduh enaknya
yang di goyang goyang di goyang goyang aduh asik sekali

catatan: gerakan badan sesuai dengan syair

Senam
Senam yang dilakukan adalah senam yang sederhana dan tidak menguras tenaga. Waktu yang diperlukan adalah 3-5 menit.
contoh: Senam wajah
Prosedur:
1.    Kedip-kedipkan mata
2.    Naik turunkan hidung, rasakan sambil memegang hidung dengan ibu jari dan telunjuk
3.    Gerakan mulut dengan vokal A, I, U, E, O tanpa suara
4.    Gerakan mulut seperti orang berkumur
5.    Lakukan dengan berpasangan dan saling berhadapan
6.    Untuk variasi, suarakan kalimat berikut : kelapa di parut, kepala diurut ( ucapkan berulang kali dengan tempo cepat)

Kalimat pembangkit semangat
Waktu yang diperlukan 2-5 menit
Prosedur:
1.    Jika ditanya kabarnya: “ Bagaimana kabarnya hari ini?”
2.    beberapa alternatif jawabannya:
Alhamdulillah. . , luar biasa. . , Allahu Akbar
Alhamdulillah. . ,harus lebih baik
Alhamdulillah. . , luar biasa. . , dahsyat. . , Allahu Akbar
Alhamdulillah. . , luar biasa. . ,tetap bersemangat. . , Allahu Akbar
dll
3.    Jawaban bisa di sesuaikan dengan tema/opini/peristiwa dll

Baca Juga  Seberkas Cahaya Ilmu di Rumah Pintar Astra

Kalimat Indah Penuh Makna
dapat berupa, pantun, puisi, kata-kata mutiara, peribahasa
contoh : pantun berbalas
prosedur:
Ø    Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok
Ø    Pilih 1 kelompok yang pertama kali membuat dan membacakan pantun
Ø    setelah selesai, minta kelompok tadi untuk menunjuk kelompok lain, agar berbalas pantun
Ø    Ulangi kegiatan tersebut berturut-turut kepada kelompok yang lain.
Story Telling ( bercerita)
cerita dapat berupa kenyataan atau fiksi dan kedua duanya
contoh: Kisah Hikmah berkesan
Prosedur
Ø    Bentuk siswa dalam beberapa kelompok
Ø    Minta 1 siswa untuk menceritakan pengalamannya yang paling berkesan/menyedihkan/menyenangkan kepada teman-teman di kelompoknya
Ø    Kriteria dalam bercerita harus terdapat tempatnya dimana, kapan terjadi, hikmahnya dan amanat dari cerita
Ø    lanjutkan kegiatan tersebut secara bergiliran

Tepuk tangan
sangat bermanfaat untuk siswa yang konsentrasinya terganggu dengan pikiran di luar pelajaran sehingga anak kembali fokus dan segar dalam mengikuti proses pembelajaran kembali
contoh: Tepuk Jawab Tepuk
prosedur:
Ø    Jika tepuk 1 kali, di jawab tepuk 2 kali
Ø    Jika tepuk 2 kali, di jawab tepuk 3 kali
Ø    Jika tepuk 3 kali, di jawab tepuk 1 kali
Ø    Jika tepuk 4 kali, di jawab tepuk “ Allahu Akbar”

Senam Otak ( Brain Gym)
Waktu yang diperlukan 2-5 menit.
contoh: Hidung dan Telinga
prosedur:
Ø    Pegang hidung drngan tangan kiri, bersamaan dengan itu pegang telinga kiri dengan tangan kanan. Posisi tangan kanan yang memegang tangan kiri melingar melewati bagian atas kepala
Ø    Setelah itu ubah posisi secara bersamaan juga dimana tangan kanansekarang memegang hidung dan tangan kiri memegang telinga kanan melingkar melewati batas atas kepala
Ø    Lakukan secara bergantian hingga lancar
Ø    Jika sudah lancar maka gerakannya semakin lama bisa semakin ceppat

Baca Juga  Mendidik Tanpa Meninggalkan Kenangan Buruk

Humor
Waktu yang diperlukan 2-5 menit
Contoh : Berbohong
Toono adalah murid yang sangat nakal dan sering membolos, pada suatu hari ia dipanggil oleh gurunya. . . .
Pak Guru        : “ Tono. kamu ini nakal ya! Kenapa kemarin kamu bolos sekolah?”
Tono            : “ saya tidak bolos, pak, kemarin adik saya sakit jadi saya harus menjaga adik saya karena orang tua saya bekerja pak. .  .”
Pak Guru        : “Eh kamu berani bohong ya…. Lha kemarin bapak lihat adikmu sehat-sehat saja.”
Tono             : “Lha Pak Guru juga bohong, sayakan tidak punya adik. . .”

 Tebak Tebakan
waktu yang diperlukan 1-2 menit
contoh:
1.    (?) Apa Bahasa Chinanya aneka macam sayur?
(+) Cap Cay
2.    (?) Apa beda kambing desa dengan kambing Kota?
(+) kalau kambing desa suaranya : embeeeekkkkk…….!!!!
kalau kambing kota suaranya : heeebooohhhh!!!!!!
Ice breaker di atas hanyalah beberapa contoh kecil , tentu saja tidak menutup kemungkinan untuk guru membuat sendiri ice breaker sekedar mengasah kreatifitas dalam mengajar. Selain itu ice breaker juga akan membuat kita menjadi guru yang menyenangkan dan akan selalu diingat anak-anak dalam jangka waktu lama. Semoga kita selalu tulus dalam berbagi ilmu, kalau kata kakak guru ya “ kalau kita mengajar dengan hati, anak-anak akan memberi cinta”. Semoga ada banyak cinta anak-anak yang selalu kita dapatkan begitupun doa-doa tulus mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *