Bersama UNTAN Membangun Negeri. Pendidikan sejatinya menjadi tolak ukur kesuksesan suatu negeri, melalui pendidikan kualitas suatu negeri tersebut dikenal luas. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, tentunya kita akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih lanjut, seperti melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Perguruan tinggi negeri dan swastapun menjadi incaran siswa-siswa yang telah lulus di pendidikan menengah, bahkan tak jarang ada juga yang melanjutkan pendidikan di luar negeri. Tak dipungkiri lagi, persaingan untuk bisa menjadi mahasiswa di perguruan tinggi menjadi sangat ketat. Perguruan tinggi yang memiliki kualitas terbaikpun akan menjadi pilihan. Universitas Tanjungpura merupakan universitas terbaik yang memiliki kualitas dan lulusan terbaik serta mampu bersaing.

Sebagai Universitas yang memiliki kualitas terbaik dalam pendidikan. Universitas Tanjungpura terus menerus memberikan berbagai workshop karya tulis imiah. Guna memfasilitasi mahasiswa dalam menuangkan pemikiran dan penelitian yang dilakukannya.

Menjadi satu-satunya Universitas Negeri di Pontianak, Universitas Tanjungpura menjadi perguruan tinggi idaman, bahkan dari berbagai kabupaten dan kota di Kalimantan Barat, Universitas Tanjungpura menjadi pilihan dalam melanjutkan pendidikan tinggi. Hal ini terlihat pada ajaran baru calon mahasiswa dari berberbagai daerah bersaing untuk bisa menjadi mahasiswa UNTAN. Menjadi universitas yang memiliki kawasan yang luas, UNTAN memiliki 9 fakultas yaitu: Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( FISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( FKIP ), Fakultas Kehutanan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ( FMIPA ) dan  Fakultas Kedokteran.

Terletak di ibukota provinsi Kalimantan Barat, Universitas Tanjungpura satu-satunya universitas negeri yang paling diminati.  Tepatnya di Jl. Profesor Dokter H. Hadari Nawawi, Bansir Laut, Pontianak Tenggara. Universitas ini didirikan pada 20 mei 1959 dan saat ini menjabat sebagai rektor Universitas Tanjungpura Prof. Dr. Thamrin Usman, DEA. UNTAN  sendiri memiliki visi di tahun 2020 akan menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional. Untuk mencapai visi tersebut UNTAN Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Kontribusi real UNTAN

Berdiri selama 59 tahun tentu saja telah banyak prestasi dan kontribusi UNTAN dalam membangun negeri diantaranya yang masih hangat adalah UNTAN telah menjadi bagian dalam program Digital Library dan E-Learning Proyek 7 in 1 IDB dengan 7 universitas yang ada di Indonesia.Tujuannya adalah agar kualitas pendidikan di Indonesia bisa menjadi lebih meningkat, karena sumber belajar tersedia dalam bentuk digital, kualitas riset tesis, skripsi, disertasi pun meningkat karena referensi jurnal dan e-book tidak ada kendala dan bisa update kapanpun.

Selain itu kontribusi UNTAN terhadap masyarakat ditunjukan UPT Bahasa UNTAN dengan menggelar kelas gratis mulai 6 februari 2018 untuk penyandang tuna daksa, bekerjasama dengan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Pontianak, UPT Bahasa mengadakan kelas International Communication (IC) for Professional People dengan dipandu tim pengajar yang memiliki pengalaman sekolah di luar negeri.

UNTAN sebagai universitas yang mendukung dalam meningkatnya pendidikan di Kalimantan Barat  terus berkarya dalam segala bidang. Karena sejatinya pendidikan adalah tolak ukur maju tidaknya suatu bangsa. UNTAN terus menerus mencetak mahasiswa yang berdedikasi dalam mengabdi kepada masyarakat untuk mewujudkan Indonesia maju Bersama UNTAN Membangun Negeri

4 Replies to “Bersama UNTAN Membangun Negeri”

  1. Wah keren kak reviewnya tentang bersama UNTAN membangun negeri. Memang benar kok ya, pendidikan merupakan dasar pembangunan suatu bangsa, tidak hanya Indonesia tapi juga mancanegara pun menganggap begitu. Tapi memang selain pendidikan mahasiswa/i tentunya bisa memanfaatkan waktunya untuk ikut kursus online atau metode belajar online supaya keahliannya juga dapat dimaksimalkan sehingga kelak karya yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *