Uncategorized

Bagaimana siklus pemeriksaan Covid-19? Berikut Covid test yang harus dilakukan.

Bagaimana siklus pemeriksaan Covid-19? Berikut Covid test yang harus dilakukan. Pandemi yang beberapa bulan terakhir ini menjadi sangat mengubah pola hidup masyarakat dunia, terlebih di Indonesia, sangat meresahkan.  Bahkan di Indonesia sendiri beberapa provinsi telah melaksanakam psbb ( pembatasan berskala besar).  Namun dalam lingkup internasional beberapa negara yang penduduknya telah terinfeksi wabah covid-19 telah melakukan lockdown.

Berbagai tempat umumpun di sterilkan dan harus mengikuti protokol kesehatan,  untuk mencegah penyebaran covid-19 yang semakin meluas.  Tentu saja kita tidak ingin diri kita sendiri bahkan orang yang kita cintai terinfeksi wabah ini. Melaksanakan pola hidup sehat sudah menjadi keharusan kita dalam kehidupan sehari-hari, seperti tidak lupa mencuci tangan setelah melakukan kontak fisik dengan orang lain maupun setelah memegang atau menyentuh benda-benda yang berada di tempat,  namun akan lebih praktis jika membawa hand sanitizer kemanapun kita pergi.

Selama beberapa bulan ini,  semakin hari semakin bertambah korban dari wabah covid-19, tak dipungkiri bahkan muncul penderita terbaru yang tidak menunjukan gejala terinfeksi namun bisa saja dinyatakan positif atau OTG ( orang tanpa gejala). Untuk itu menjaga imunitas dan mengubah pola hidup menjadi hal yang sangat penting untuk saat ini dan seterusnya.

OTG tidak terdeteksi secara langsung,  bahkan jika tidak mempunyai penyakit bawaan,  namun OTG sendiri bisa menularkan ke orang lain yang mempunyai penyakit bawaan dan orang yang sudah tua.  Karena mengapa?  Orang yang sudah tua sangat rentan terinfeksi karena imunitas tubuh yang sudah melemah.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah kita positif corona atau sebagai OTG?

Pemerintah sudah mengadakan dimana-dimana terkait test corona atau yang lebih dikenal dengan covid test.  Namun untuk dilakukan test secara masal mungkin sulit, ketersediaan alat tes dan laboratoriumpun menjadi kendala. Karena Gejala batuk-batuk atau demam ringan, juga tidak identik dengan infeksi COVID-19.

Baca Juga  Abadikan Foto Wisuda keluarga hanya di Viapuccino Studio

Lalu siapa yang berhak mendapatkan covid test ini?

Mereka yang harus dites adalah yang menunjukkan gejala radang paru-paru dengan penyebab tidak jelas. Gejala yang mencolok adalah kesulitan bernapas, batuk kering dan demam. Apalagi jika mereka pernah mengunjungi kawasan risiko atau kontak langsung dengan penderita COVID-19.

Bagaimana cara tes cepat?

Para pasien biasanya diambil sampel dari saluran pernafasan atas, berupa cairan hidung dan atau tenggorokan.

Sampel kemudian akan diteliti di laboratorium diagnostik untuk memastikan infeksi oleh virus Corona. Prosedurnya berbasis pada apa yang disebut reaksi berantai polymerase (PCR). Pengujian semacam ini biasanya berlangsung selama 5 jam, dan kini menjadi prosedur standar di laboratorium.

Potongan DNA yang dipilah secara terarah dan diperbanyak dalam perangkat blok Thermocycler, yang secara mandiri mengatur siklus temperatur saat PCR. Prosedur tersebut akan menunjukkan, apakah ada atau sebanyak apa unsur patogen, misalnya virus corona, dalam tubuh.

Hasil tes cepat biasanya diperoleh dalam waktu satu atau dua hari. Hasilnya, apakah negatif atau positif akan diinformasikan kepada dokter dan pasien bersangkutan

Saat ini beberapa rumah sakit di Indonesia sudah menyediakan covid test, bahkan masyarakat saat ini lebih permudah dengan aplikasi halodoc, aplikasi kesehatan yang bertujuan memberi kemudahan, dalam menerima akses layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Halodoc memiliki fitur-fitur yang bisa membantu penggunanya mendapatkan layanan medis seperti chat, panggilan suara dan panggilan video dengan dokter yang tersedia 24 jam bahkan melalui aplikasi halodoc masyarakat bisa mengetahui informasi terkait covid test di beberapa daerah di Indonesia.

Di musim pandemi seperti ini tentu saja kita harus lebih menjaga kesehatan demi orang-orang tersayang dan orang di sekitar kita.

Teacher | Lifestyle | Beauty | Healthy. Contact me at vny41215@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *