ASI, Anugrah Terbaik dari Allah SWT

ASI, Anugrah Terbaik dari Allah SWT. Dunia baru tentunya rutinitas barupun menjadi bagian hari-hariku sebagai ibu. Mulai dari mengurus kebutuhan si bayi hingga kebiasaan yang rada aneh menurutku. Dulu sebelum punya anak, sedikit aneh ketika melihat ibu-ibu menyusui anaknya dimanapun bahkan tanpa sengaja payudaranya kelihatan. Namun ketika sudah punya anak baru mengerti betapa menyusui itu mengubah banyak hal. Menurutku begitu?

Yang dulunya mikir, “ah menyusuikan gampang cuma masukin aja putingnya udah anak bayi nyusu deh”.
Ternyata tak semudah itu pabloo..
Banyak yang harus dipelajari mulai dari inisiasi menyusui dini (IMD), posisi menyusui hingga aturan makan ibu menyusui.
Kabar baiknya ternyata menyusui membuat sang ibu bahagia dan itu terbukti.
Ketika hamil, saya sudah berkomitmen agar nanti bisa menyusui meskipun masih tetap bekerja. bersyukurnya Saat ini dipermudah dengan pompa asi elektrik, jadi bisa nyestok asi.
Sebagai ibu baru, dengan ilmu yang masih dangkal sekali,tapi ingin belajar. Akhirnya sering bertanya dengan yang sudah berpengalaman. Alhamdulillah, pepatah bilang malu bertanya sesat dijalan, ternyata memang benar. Sering bertanya, membuat kita kaya akan informasi.

Bisa dibilang menyusui adalah bagian terpenting dalam tumbuh kembang anak, namun tidak semua ibu dapat menyusui dan mau tidak mau harus mengganti asi dengan sufor. beberapa kendala saat menyusui misalnya tidak keluarnya asi setelah melahirkan ataupun prosuksi ASI yang sedikit.

Tiga hari pertama setelah melahirkan asi baru keluar sehingga untuk menghindari bayi dehidrasi yang bisa menyebabkan demam pada bayi, mau tak mau saya memberikan sufor, namun beruntungnya setelah tiga berikutnya asi keluar dengan deras, sehingga tekad untuk  menyusuipun semakin kuat. Alhamdulillah hingga bayi usia 4 bulan saat ini masih tetap bisa menyusui meskipun ada banyak yang menyarankan untuk dibantu menggunakan sufor tapi tetap berusaha untuk mempertahankan agar tetap bisa menyusui. berat badan bayi menurun akibat bayi sudah bisa tengkurap dan sudah mengerti dengan keadaan sekitar sehingga bayi semakin aktif dan bayi lebih senang bermain daripada menyusui selain itu ada dugaan produksi asi yang semakin sedikit karena minum pil KB. Namun para ibu jangan stres, hal yang perlu dilakukan adalah bukan mengganti namun mengevaluasi penyebab cara bayi menyusui, waktu menyusui dan solusi yang akan dilakukan.
dari hasil sering bertanya,  akhirnya yang saya dapatkan adalah tentang hildmilk dan foremilk, masyaAllah semakin mensyukuri nikmat Allah. Tidak ada yang memiliki kandungan selengkap ASI .
yuk kita bahas-bahas dikit perbedaan foremilk dan hindmilk yang terkadang membuat para Ibu khawatir dalam memberikan ASI kepada bayi. Pas lagi mompa ASI yang keluar ASI yang encer, mendadak stres bahkan merasa kurang nutrisi padahal sudah makan-makan sayur dan lain-lain supaya ASI yang bagus. Nah ternyata begini penjelasannya.

Baca Juga  Sembuh dari radang payudara dalam sehari

Menurut KLIKdokter.com Foremilk adalah ASI yang keluar pada awal sesi menyusui, mengandung laktosa dan rendah lemak. Sedangkan hindmilk adalah ASI yang keluar pada saat sesi menyusui akan berakhirnya. Kandungan lemaknya lebih tinggi dibanding foremilk.
foremilk diibaratkan seperti air putih yangd apat menghilangkan rasa haus pada bayi, memberiikan energi dan menstimulasi perkembangan otak. Sementara hindmilk yang tinggi lemak berperan dalam pertumbuhan dan peningkatan berat badan bayi. Jadi jangan khawatir ibu-ibu, jika berat badan bayi tetap bisa saja bayi lebih banyak meminum foremilk dari pada hindmilk namun energi dan perkembangan otak bayi tetap berkembang dengan sempurna. InsyaAllah.

Saat melahirkan sebagai ibu menyusui sudah harus minum jamu selain menjaga kesehatan ibu menyusui. Ternyata memang manfaatnya sangat-sangat terbukti di saya.
Misalnya seperti jamu kunyit yang memiliki kandungan senyawa anti infalamasi yang membantu mempercepat pemulihan pasca melahirkan bahkan jamu kunyit asam bisa mengencangkan otot-otot yang kendur selama kehamilan dan melahirkan dan yang tak kalah pentingnya juga mengencangkan otot vagina agar kembali rapat dan mengembalikan tubuh agar singset lagi. hmmm buat suami senang dong.hehhe
dan yang buat ibu bahagia, kunyit juga bisa mengurangi stretch mark setelah melahirkan.
Senangnya dapat jamu dari mertua yaitu jamu kombinasi antara kunyit asam, beras kencur dan sirih. Yang ternyata khasiatnya sangat baik seperti beras kencur yang dapat membuat badan segar , mengurangi pegal-pegal dan mengembalikan stamina, selain itu sirih juga dapat membersihkan peranakan dari sisa-sisa persalinan. Masih ragu mau minum jamu? Demi keharmonisan rumah tangga tidak perlu ragu lagi.

Pasca melahirkan ternyata banyak juga yang harus dijaga, mulai dari makan hingga kebiasaan. Saat pertama setelah melahirkan, makanan yang dimasakin mama seperti makanan yang dapat membuat kembali bugar dan asi menjadi lebih lancar, seperti sayur daun katuk dan sayur jantung pisang.
Seperti menghindari makanan bersantan,pedas dan berminyak yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan, perut terasa kebakar dan bergas. Selain tidak baik untuk ibu pasca melahirkan makanann tersebut juga berpengaruh untuk si bayi, karena pencernaan yang belum sempurna.

Baca Juga  Kehamilanku, Anakku buah hatiku

Yang menjadi rutinitas dalam menyusui seperti

  1. 1. Rajin membersihkan puting payudara setiap sebelum mandi
  2. 2. Saat menyusui, pastikan puting payudara beserta bagian hitamnya atau yang sering disebut dengan aerola masuk kemulut bayi, sehingga aliran air susu akan keluar lebih banyak.
  3. 3. Menyusui 20 menit di setiap payudara
  4. 4. Jika telah selesai menyusui, jangan menarik mulut bayi begitu saja, tetapi dengan menekan sudut mulut  bayi secara perlahan dengan jari-jari.
  5. 5. Saat menyusui bisa saja udara masuk ke mulut bayi dan menyebabkan bantu bayi sendawa dengan cara mengusap-usap perutnya atau menggendong dengan menaruh kepala bayi di pundak ibu

Yang paling terpenting adalah ibu menyusui tidak boleh stres, karena akan berpengaruh pada si bayi.

Sebuah kutipan “Jika ingin melahirkan anak yang ceria, Ibu harus bahagia”

Selamat berbahagia para Ibu menyusui.

Teacher | Lifestyle | Beauty | Healthy. Contact me at vny41215@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top