Aku baik-baik saja ketika aku menulis

Posted on

Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan yang namanya terapi menulis.
Disini saya ingin mengenalkan kepada anda yang pernah melewati masa-masa sulit seperti kecewa, sedih, stress, galau, gundah gulana, kesal, atau apapun itu namanya (sebangsanya lah). Bahkan mungkin banyak diantara kalian semua melampiaskan


nya dengan berbagai cara, misalnya dengan marah, nangis, atau tertawa tanpa sebab. Namun ada pula yang melampiaskannya dengan curhat kepada orang yang dipercaya.bisa..

Hal semacam ini lumrah bahkan tidak menutup kemungkinan anda yang membaca tulisan saya ini pernah mengalaminya.
Entah percaya atau tidak dengan MENULIS bisa membuat kita bisa melewati masa-masa sulit itu.
Aneh kan.
Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba.
Supaya menjadi bukti.
Kenapa bisa? Tentu siapapun anda memerlukan penjelasan yang logiskan..
Dalam dunia konseling menulis merupakan satu diantara cara untuk membantu klien pulih dari masalah emosi negatif mereka. ( kok bisa?)
Beberapa orang mengalami kesulitan dalam mengekspresikan diri. Mungkin karena khawatir membuat kesalahan atau reaksi orang yang berlawanan. Seseorang juga cenderung untuk menyendiri, karena tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan kurangnya pecaya diri. Terapi menulis membantu orang melampiaskan emosi.
Ini beberapa manfaat menulis yang saya kutip dari lifestyle.kompasiana.com (coba dibaca dehh) siapa tauuu kamu lagi butuh terapi ini)
1. Refresh Your Mind
Setelah kita menyelesaikan apa yang kita tulis, kita pasti menghela napas panjang itu adalah tanda bahwa perasaan kita sudah mulai refresh kembali dan merasa puas karena sudah menyelesaikan tulisan kita. Dan cobalah untuk membacanya sekali lagi pasti anda akan merasa lebih baik lagi.
2. Knowing yourself
Dengan anda memulai menulis secara teratur, anda akan lebih mengetahui diri anda lebih dari sebelumnya dan juga mengetahui apa karakter dan bakat yang anda punya.
3. Eliminate stress
Tentunya dengan kita menulis beban perasaan kita akan terasa berkurang daripada kita hanya menyimpannya di dalam perasaan kita sendiri. kita juga bisa menghilangkan intuisi negatif yang hadir ketika perasaan stress tadi menghampiri kita.
4. Solve Your Problem
Dari semua yang telah kita tulis kita juga bisa mengambil satu titik temu dari permasalahan yang kita hadapi, kita juga bisa melihat permasalahan dengan lebih tenang, dan juga kita bisa menyelesaikan permasalahan kita dengan lebih efektif.
5. Overcome missunderstandings
Sebuah kesalahpahaman yang tidak bisa kita selesaikan dengan perkataan bisa kita selesaikan dengan tulisan, sehingga kita dapat memberikan penjelasan yang lebih konkrit dan masuk akal jika ditambahi dengan tulisan.
Tapi sekarang permasalahannya biasanya adalah bagaimana cara kita memulainya, bagaimana kita bisa memulai menulis dengan teratur agar kita bisa terhindar dari yang namanya Stress tadi.
Memulai sesuatu memang lebih sulit daripada kita hanya meneruskan sesuatu itu“, memang ketika kita ingin memulai sesuatu kita masih merasa bingung, bimbang mungkin juga galau. Tapi jika kita hanya diam saja maka waktu pun akan meninggalkan kita.
Cukup yaa..cukup. ini hanya sekedar gambaran tentang terapi menulis, namun untuk lebih jelasnya silahkan gogling deh…banyak kok di kakek gogle…
Oh iyaa ini ada cara memulai untuk menulis (baca yuk…capcuss cinn)
1. Lakukanlah dengan rutin dan mulailah dengan menulis hal – hal kecil yang terjadi pada anad maupun sekeliling anda.
2. Bawalah catatan kecil dan buatlah sebuah catatan secara garis besar terlebih dahulu.
3. Carilah tempat yang tepat untuk menulis. Karena privasi kadang dibutuhkan seseorang untuk menulis.
4. Biarkan perasaan anda yang menulis, biarkan mengalir seperti air.
5. Manfaatkan waktu luang anda untuk mencatat dan menulis.
Sipp…udah kelar nee…..siap untuk mencobakan….
Semoga bermanfaat

Baca Juga  MakeuPHolic II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *