6 Hal yang dapat Mempengarui Pikiran Kita

Posted on

6 Hal yang dapat Mempengarui Pikiran Kita. Dalam keseharian, berpikir adalah sesuatu hal yang mau tidak mau harus kita lakukan, walaupun banyak kita temui ada orang yang mengaku malas berpikir namun tanpa disadarinya otaknya tetap bekerja dengan baik, itu artinya ia tetap berpikir.  Pikiran dan tubuh berinteraksi secara konstan. Pikiran mengatur pola napas, misal ketika kita dalam ketakutan tentu saja napas menjadi tidak teratur, hal ini memastikan jantung dalam keadaan berdebar-debar.

Penting bagi kita untuk mempercayai pikiran kita sendiri karena disitulah letak kepercayaan diri kita. Tetapi pola pikir terkadang merusak mutu hidup kita. Berikut penting bagi saya dan kita tentunya untuk mengenali hal-hal yang bisa mempengaruhi mutu hidup kita:
  1. Menyingkirkan hal positif – Perasaan minder yang kita miliki sangatlah mungkin membuat kita menyingkirkan hal pisitif yang ada didalam diri. Merasa tidak pantas untuk sukses mengingat kemampuan dan fasilitas yang sangat tidak mungki, tentu saja semua digerakkan oleh pikiran kita. so, berhenti menyingkirkan hal positif di pikiran kita.
  2. Menonjolkan hal negatif– Terlalu menonjolkan hal negatif pada pikiran kita sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Bahkan akan banyak timbul gangguan-gangguan psikis yang terkadang tanpa disadari menjadi momok dalam hidup kita. misal merasa takut setelah kegagalan yang disebabkan oleh trauma . Berhenti menonjolkan hal negatif dalam pikiran kita adalah keputusan yang tepas dalam merubah hidup kita menjadi lebih baik.
  3. Melakukan sesuatu karena marah — Banyak jalan menuju roma, banyak pintu yang terbuka saat kita merubah pikiran kita. Ketika membuat sebuah target tentu saja ada imbas dari target tersebut dan kitapun berambisi untuk mencapai target yang diinginkan, namun tentu saja ada kekecewaan apabila target tersebut kita kunjung dapatkan. hingga akhirnya kita membuat sebuah perkataan yang meracuni pikiran kita ” Jika saya tidak dapat mencapai tujuan ini, saya tidak akan pernah mencapai tujuan apapun”. padahal sugeti seperti ini membuat kualitas hidup kita menjadi sulit untuk melangkah menuju target kesuksesan lainnya.
  4. Melihat skenario terburuk — Sebuah kewajaran ketika kita membuat sebuah pencapaian dengan proses memikirkan kemungkinan terburuk dari yang akan kita hadapi. Namun tentu saja kita juga harus memikirkan kemungkinan baik dari proses tersebut. Hal ini sebagai acuan kita dalam meningkatkan kepercayaan diri dalam menjalani setiap proses dalam pencapaian.
  5. Berangan-angan — Siapapun pernah berangan-angan dalam sesuatu hal, namun sadarkah berangan-angan hanya mampu membuat kekecewaan bertambah lebih dalam dikarenakan harapan yang terlalu tinggi. Namun di sisi lain berangan-angan sehingga kita membaut sebuah pengandaian, berandai-andai dengan sebuah implikasi semisal jika saya tidak memilihnya ini mungkin saya tidak akan sesakit ini” dan sebagainya.
  6. Sejarah berulang sendiri — Seperti judul lagu saja, ” Sejarah Mungkin Berulang ” .Jika sesuatu hal tersebut pernah terjadi tidak menutup kemungkin hal lainyapun bisa terjadi juga bisa saja sama atau malah lebih dari yang kita pikirkan, hanya tergantung cara kita menghadapinya, walaupun tidak dapat dipungkiri hal pertama terjadi selalu lebih menyakitkan, hal itu dikarena otak kita sedang beradaptasi dengan hal baru dan selajutnya menjadi hal biasa untuk kita hadapi. Ketakutan dalam menghadapi hal yang sama bukan menjadi alasan kita untuk menjalani hidup, mengambil pelajaran di masalah yang pertama dapat membuat kita lebih siap dalam menghadapi hal-hal berikutnya.
Jika beberapa penyebab yang kadang tanpa kita sadari terjadi dalam pikiran kita dan menghambat setiap peluang-peluang yang kita dapatkan. Jangan pernah membatasi kapasitas otak, otak adalah memiliki kapasitas tidak terbatas, ia memiliki kemampuan melakukan hal-hal yang kompleks sekalipun dan mampu memahami setiap informasi luar biasa yang ada di pikiran kita.Selalu memikirkan hal baik dan berpikir terbuka untuk setiap hal adalah cara kita dalam mencapai kebahagiaan hidup kita. Well, mari berpikir positif dan mengubah pola pikir kita untuk mencapai kesuksesan.
Baca Juga  Mendidik Tanpa Meninggalkan Kenangan Buruk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *