Jika menjelaskan secara definisi, rasanya siapapun pastinya tau tetapi disini saya sedikit mengurai alasan utama si penulis menjadi guru. Guru bukanlah profesi baru dalam tujuan kita memilih cita-cita. Namun tentu ada mereka yang terjun kedunia belajar mengajar namun bukan berkeinginan menjadi guru sebelumnya.Sama halnya seperti si penulis yang bercita-cita sebagai psikiater tetapi akhirnya harus memilih hidup dengan mengajar. Berikut beberapa alasan yang penulis miliki ketika memutuskan untuk menjadi guru.
1. Guru adalah profesi berbagi ilmu
Penulis punya sebuah paradigma yaitu ketika kita memberi kita akan mendapat yang lebih banyak lagi. Sama halnya dengan ilmu ,ketika kita berbagi ilmu dengan orang lain dengan sendirinya pengetahuan bertambah dan bisa bertahan dalam jangka waktu lama.
2. Guru adalah ladang bertani untuk akhirat
Sebuah Mahfudzot “ Barangsiapa yang menanam, dia yang akan menuai” .Bisa dibilang itu adalah satu diantara landasan ketika akan melakukan hal apapun dalam hidup kita. Mengajar adalah menyemai pahala yang akan kita nikmati di akhirat kelak
3. Guru adalah profesi amal jariah
Sebenarnya ada banyak profesi lain yang juga merupakan amal jariah. Amal jariah adalah pahala dari amal perbuatan tersebut mengalir kepadanya selama orang yang hidup mengikuti atau memanfaatkan hasil amal perbuatannya ketika di dunia . Menurut penulis guru adalah profesi yang proses amal jariahnya begitu jelas. Mengapa?  Ketika mengajar hal baik kepada siswa-siswanya dan dikemudian hari satu dari siswa- siswa tersebut menjadi guru dan mengajar banyak siswa dan begitu seterusnya maka ada banyak amal jariah yang mengalir pada guru tersebut.
4. Guru adalah cara melatih kesabaran
Sabar disini saya kategorikan sebagai latihan. Alasannya karena akan ada banyak hal yang guru hadapi dalam mengajar termasuk dalam bermain emosi tentunya guru dituntut untuk sabar.
Misalnya ketika mengajar guru sudah menjelaskan panjang lebar tetapi ketika ditanyakan kembali ke anak, si anak menjawab tidak ngerti bu. Sebagai manusia, guru juga punya emosi namun hal itu harus diredam, karena tujuan utama mengajar adalah supaya anak mengerti. Tentunya menjadi orang sabar ada banyak benefit yang di dapatkan.
5. Guru sebagai profesi kreatifitas pikiran
Sama halnya dalam melatih kesabaran cara menghadapi siswa. Ketika menjelaskan dan siswa tidak mengerti,guru harus menggunakan intuisinya dengan tepat. Apa yang harus dilakukan? Metode apa yang harus di gunakan? Ada banyak hal lainnya harus dikuasai guru. Benefit yang di dapat kan si penulis adalah kemampuan si penulis dalam berinteraksi dengan orang lain.
Profesi apapun dalam hidup adalah baik untuk kita dan dikerjakan secara ikhlas , termasuk ketika si penulis memilih menjadi guru. Semoga apapun profesi yang kita pilih adalah ladang kebaikan untuk diri kita sendiri dan orang lain.
Baca Juga  Mendisiplinkan Anak Menggunakan Kartu

6 Replies to “5 Alasan kenapa harus menjadi Guru”

  1. If you didn’t invest in Bitcoin, you may feel like you missed out. So you’re going to need to trust us when we say that cryptocurrency is just now REALLY getting moving…and there are new developments in blockchain technology and currency tokens that might dwarf 2017. In fact, we know of two new coins that may very well grow well beyond Bitcoin in the near future. Interested? All you need to do is click here to find out more. http://bit.ly/-cryptocurrency Best regards

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *